• KANAL BERITA

Kejuaraan Indonesia Open 2018 Terapkan Aturan Baru

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kejuaraan bulu tangkis Indonesia Open 2018 bakal menerapkan aturan baru. Pada edisi sebelumnya, peserta yang ambil bagian harus memulai dari babak kualifikasi. Namun mulai tahun ini, kejuaraan yang mendapat sponsor utama Blibli.com tersebut hanya diikuti pemain yang menempati peringkat 32 besar dunia.

Ini tak lepas dari naiknya status Indonesia Open dari Superperies Premier menjadi BWF World Tour Super 1000. Sehingga levelnya akan setara dengan China Open dan All England. Dengan hadiah total senilai 1.250.000 dolar AS atau setara Rp 17 miliar, mengukuhkan Blibli Indonesia Open 2018 sebagai turnamen BWF dengan hadiah terbesar.

"Peningkatan level turnamen Blibli Indonesia Open 2018 ini juga diikuti dengan perubahan sistem pertandingan. Mulai tahun ini, tidak akan ada babak kualifikasi karena pemain yang berhak dan wajib berpartisipasi hanya yang masuk dalam rangking 32 terbaik dunia. Sistem terbaru ini menjadikan turnamen Blibli Indonesia Open 2018 semakin eksklusif dan bergengsi,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Blibli Indonesia Open 2018 Achmad Budiharto di Jakarta, Senin (14/5).

Warna baru dalam penyelenggaraan turnamen Indonesia Open 2018 ini menjadi ajang untuk kembali menorehkan catatan prestasi para atlet Indonesia dengan tinta emas dengan menargetkan satu gelar juara. Sesuai agenda, ajang ini akan dihelat di Istora Senayan, Jakarta pada 3-8 Juli mendatang.

“Target tersebut cukup realistis mengingat kita memiliki atlet-atlet yang berprestasi. Untuk itu, kami akan mempersiapkan para atlet ini sebaik mungkin untuk meraih prestasi yang membanggakan dan memenuhi target yang sudah dicanangkan,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susi Susanti.

Mengenai keikutsertaan Blibli.com sebagai sponsor utama mendapat apresiasi dari PBSI. Ketua Umum PP PBSI Wiranto mengatakan, penyelenggaraan salah satu turnamen terbaik di dunia yang dipercayakan oleh BWF ini merupakan penghargaan dan kehormatan bagi PBSI.

"Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi Blibli.com dan didukung oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation yang menunjukkan kepeduliannya terhadap olahraga bulu tangkis. Semoga turnamen ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menunjukkan kemampuan bangsa kita untuk meraih prestasi lebih baik dan tetap menjunjung tinggi sportivitas,” ujar Wiranto.


(Arif M Iqbal /CN26/SM Network)