• KANAL BERITA

IIMS 2018 Menuai Sukses Besar

IIMS 2018: Tepat pukul 22:00, 29 April 2018, Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2018 resmi berakhir. (suaramerdeka.com / dok)
IIMS 2018: Tepat pukul 22:00, 29 April 2018, Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2018 resmi berakhir. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kehadiran Presiden Republik Indonesia menjadi pembuka dari keberhasilan IIMS 2018. Dalam kunjungannya di hari pembuka, Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi terhadap inovasi digital melalui pengaplikasian berbagai elemen digital, mengangkat karya anak bangsa yang diwakili oleh hadirnya belasan industri kreatif otomotif di booth Increase Indonesia.

"Tema yang dipilih dalam IIMS kali ini adalah dukungan dan komitmen kepada mobil listrik, ini menunjukkan bahwa penyelenggara paham betul bahwa revolusi 4.0 sedang menuju ke sektor otomotif," jelas Presiden Joko Widodo pada sambutannya.

Kehadiran jumlah pengunjung menjadi salah satu catatan terbesar dalam sejarah penyelenggaraan IIMS. Data hingga Minggu, 29 April 2018, total pengunjung selama pameran adalah 526.431. Perolehan ini melampaui target yang telah ditetapkan dan jumlah pengunjung pada tahun sebelumnya atau meningkat 22.984 orang dibandingkan IIMS 2017.

Untuk transaksi, IIMS 2018 mencatat perolehan sebesar Rp 4,08 Triliun yang dibukukan dari 12.402 SPK yang dilaporkan ke Dyandra Promosindo hingga hari ini (1/5). Di antara transaksi tersebut terdapat 11.179 unit mobil dan 1.223 unit motor yang terjual selama IIMS 2018 berlangsung.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Republik Indonesia yang telah berkenan membuka IIMS 2018 dan menyediakan waktu cukup lama untuk melihat dan menikmati beberapa kegiatan utama dalam penyelenggaraan IIMS 2018. Pencapaian total pengunjung yang melebih target menjadi prestasi bagi Dyandra Promosindo selama 19 tahun menyelenggarakan pameran otomotif di Tanah Air,"ujar Hendra Noor Saleh, Direktur Dyandra Promosindo.

Kegiatan IIMS Awards 2018 sebagai puncak dari penyelenggaraan pameran otomotif memberi pengalaman berkesan untuk para agen pemegang merek (APM). Sebanyak 23 kategori telah dipilih oleh para juri yang kompeten. Pada segmen mobil, juri adah dari wartawan otomotif berpengalaman seperti Komar Johari (Senior Foreign Journalist), Arie Prasetya Krisna (Otospirit.com), dan Azwar Ferdian (Kompas.com). Untuk segmen motor, para juri kredibel seperti Arif Syahbani (Naikmotor.com), Achmad "Feol" Rizwan (Tabloid Motor Plus) dan Onno Wieringa dari Madness Photography, Belanda. Para juri ini memilih 7 mobil terbaik dan 5 motor terbaik yang dipamerkan dan diluncurkan pada IIMS 2018.

Penghargaan khusus juga diberikan kepada para pendukung acara yakni IOF (Indonesia Off-road Federation), IAM (Indonesia Automodified), INCREASE (Innovative and Creative Society), Thailand Motor Expo, AAITF China (Automotive Aftermarket Industry and Tuning Trade Fair), PPMKI (Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia), Mobil Listrik Mahasiswa, Bingky melalui Wasteland Project dan juga PAHAMI (Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia).

"Hadirnya jurnalis dari beberapa negara dari Benua Asia dan Eropa menunjukkan bahwa IIMS 2018 semakin internasional. Mereka takjub dengan beragam kegiatan dan peserta pameran yang ikut serta dalam IIMS kali ini,"jelas Hendra Noor Saleh.


(Heru Fajar/CN26/SM Network)