• KANAL BERITA

Menpora Dorong Industri Olahraga di Indonesia Terus Tumbuh

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menpora Imam Nahrawi berharap industri olahraga di Indonesia terus tumbuh seiring banyaknya event olahraga di Tanah Air pada tahun ini. Indonesia akan menjadi tuan rumah berbagai olahraga skala internasional seperti Asian Games, Asian Para Games, Kejuaraan Futsal dan Piala AFF.

Pernyataan Menpora itu disampaikan saat membuka pameran Indonesia Sport Expo & Forum (ISEF) 2018 yang digelar PT Expotama Sinergi di ICE BSD City, Tangerang, Rabu (2/5). Menurut Menpora, olahraga yang didorong menjadi industri tidak hanya sepak bola, tapi juga cabang olahraga lain.

"Semua pihak harus didorong pemikiran bahwa industri olahraga Indonesia harus terus berkembang, tidak hanya seperti di Eropa atau belahan dunia lainnya. Tidak hanya PSSI, ke depan seluruh cabor harus terlibat dan dilibatkan agar semua merasakan betapa pentingnya suatu industri olahraga yang mendukungnya. Ingat, 260 juta penduduk Indonesia adalah pangsa pasar besar, Indonesia harus maju industri olahraganya yang pada akhirnya prestasi hebat dapat diraih," kata Menpora.

Pembukaan pameran ditandai dengan tendangan serta gocekan bola dari Direktur Expotama Energi Raditya Zafir Ahmad dioper ke perwakilan Inasgoc/Inapgoc Richard Sambera, dilanjutkan dengan dioper Direktur Bisnis PSSI Marshal terus ke Direktur Pengelola GBK Winarto, dan terakhir dioper ke Menpora untuk dijebloskan ke mini gawang.

Direktur PT Expotama Sinergi, Raditya Zafir Ahmad mengatakan, berbagai kategori ada dalam pameran ini, seperti venue dan fasilitas olahraga, produk-produk tekstil dengan materi olahraga, fitnes dan berbagai suplemen serta nutrisi kesehatan, kemasan olahraga pariwisata, dan macam-macam peralatan olahraga yang menarik seperti sepak bola, basket, badminton, golf, sepeda, tenis, sepatu roda, dan lain-lain.

"Pameran ini diikuti 77 para industri olahraga dalam dan luar negeri, serta 19 rangkaian forum. "ISEF ini kami gelar untuk mewujudkan pengembangan prestasi olahraga di Tanah Air dengan menampilkan produk-produk unggulan olahraga yang nantinya diharapkan dapat memajukan industri olahraga yang lebih baik," ujar Raditya.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)