• KANAL BERITA

IRC Ciptakan Ban Khusus Kelas Aerox

Foto: suaramerdeka.com/Heru Fajar
Foto: suaramerdeka.com/Heru Fajar

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sudah jadi rahasia umum jika ban IRC selalu mensuport event Yamaha Cup Race (YCR) selama bertahun-tahun. Begitu juga di tahun 2018 ini dimana IRC masih menjadi partner gelaran dengan segala suport maksimalnya. 

Pada tahun ini khususnya di ajang YCR Singkawang kalimantan Barat yang di gelar pada 21-22/4 kemarin IRC memberi andil besar pada kesuksesan kelas Kelas Aerox 155 Cup Comm. Kelas ini memang menggunakan motor Yamaha Aerox 155cc yang di sediakan oleh Yamaha. Dan pesertanya adalah para pembalap komunitas yang juga ikut turun di beberapa kelas YCR di Singkawang.

Kelas baru ini cukup menarik perhatian karena balap matic dengan kapasitas 155cc cukup menantang buat para pembalap. Tak heran jika beberapa pembalap komunitas terjun langsung untuk ikut di kelas yang juga melibatkan pembalap nasional Rey Ratukore yang menjadi mentor di coaching clinic. Beberapa klub yang ikut diantaranya YROI, R15 West, King Rattle, GRT Squad, YAWB, YNCI, MTWB, XWBL serta Byonic Idea Racing team. 

Disini para pembalap dapat merasakan ban yang dibuat khusus oleh IRC. Ban yang mempunyai kembangan mirip standar bawaan pabrik ini mempunyai kompon khusus dan merupakan ban prototype yang belum dijual bebas. Kompon ban yang di kembangkan dari tipe Fasti 2 ini cukup spesial karena di bikin khusus oleh IRC untuk YCR 2018.

Ban IRC yang dipakai untuk kompetisi Aerox 155 cc adalah kompon khusus yang kita buatkan untuk balapan YCR 2018. Komponen kompon dasarnya dari IRC Fasti2. Yang pasti, kita buktikan loyal terhadap Yamaha ketika ada permintaan Yamaha untuk mendukung penyelenggaraan balap Aerox 155 ini, ujar Dodiyanto, Marketing Product Development PT. Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban IRC yang hadir langsung di YCR 2018 Singkawang bersama tim risetnya.

Dengan kompon khusus ini peserta dimanjakan dengan kualitas ban IRC untu melahap berbagai tikungan di sirkuit Pasir Panjang-Singkawang yang mempunyai panjang 1,4Km. Kabar bagusnya ban ini juga akan segera di rilis untuk umum dalam waktu dekat. “Ada rencana untuk memproduksi ban ini bagi keperluan harian (daily-used)," tambah Dodiyanto. 

Selain itu IRC Fasti1 yang merupakan tipe slick atau khusus untuk trek permanen, merebut podium juara seeded MP2 (125 cc) lewat pebalap Alpian asal tim Yamaha Yamalube Aditama STSJ NHK IRC RCB DID GDT Racing. Termasuk pula memborong podium juara MP2 dimana posisi ke-2 dan ke-3 adalah pengguna IRC Fasti1 dan Fasti2 (semi slick). Tidak hanya itu, IRC Fasti juga meraih podium runner-up dan ke-3 kategori MP1 (150 cc). Dalam hal ini lewat Alpian dan M Zakki Fuadi (Yamaha Rivaco IRC DID NHK RCB Ardians GDT Sintang).


(Heru Fajar/CN39/SM Network)

  • Tags