• KANAL BERITA

Cedera, Pemain Asing Satya Wacana Dipulangkan

Jelang Putaran V IBL

TOAS : Para pemain  Satya Wacana melakukan toas usai latihan di GOR Mrican Salatiga. (suaramerdeka.com / Moch Kundori)
TOAS : Para pemain Satya Wacana melakukan toas usai latihan di GOR Mrican Salatiga. (suaramerdeka.com / Moch Kundori)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Jelang bergulirnya  kompetisi liga bola basket profesional Seri V  Indonesian Basketball League (IBL) 2020, tim Satya Wacana Salatiga memulangkan salah satu pemian asingnya dari AS  yang mengalami cedera lutut yaitu Shane Heyward. Sebagai gantinya akan didatangkan pemain asing dari negara yang sama yaitu Daniel Edward Hurtt.

Pelatih Satya Wacana Efri Meldi mengatakan, penggantian pemian asing itu diharapkan mampu menambah kekuatan timnya menjelang bergulirnya IBL Seri V di Kediri pada 28 Februari ini. Pemain yang akan didatangkan nanti diyakini memiliki kualitas lebih baik dari pemain sebelumnya.

"Saya sudah mempelajari rekam jejak pemain asing yang akan didatangkan nanti dari berbagai sumber. Pemain yang bersangkutan sebelumnya bermain di Argentina dan pekan depan dijadwalkan bisa bergabung. Dia memiliki tinggi badan yang ideal 198 senti meter," katanya saat ditemui latihan di GOR Mrican Salatiga, kemarin.

Efri menyebut, pertandingan seri V yang akan dilakoni nanti sangat penting bagi timnya. Sebab, pertandingan nanti adalah putaran kedua atau pertemuan kedua bagi semua tim. Satya Wacana sendiri saat ini berada di posisi ketujuh dari total sepuluh tim dalam  klasemen sementara.

"Kami mengincar posisi ke enam agar bisa masuk  play off  di akhir kompetisi nanti. Babak play off ini akan mempertandingkan tim yang berada di poisisi ketiga hingga keenam guna merebut dua tiket semi final. Sedangkan dua tiket semi final lainnya diberikan kepada peraih posisi teratas dan runner up," ucap pria asli Sumatera Barat ini.

Menurut Efri, pihaknya optmistis bisa lolos babak play off itu. Pasalnya dalam pertandingan seri-seri sebelumnya, timnya kehilangan satu pemain asing karena cedera. Praktis hanya dua pemain asing yang diturunkan di setiap pertandingan yaitu Montrell Wiliams dan Chris Sterling. Sedangkan lawan-lawannya, komplit memaki jasa tiga pemain asing.

"Hingga putaran pertama lalu, Satya Wacana mengalami kekalahan tujuh kali dan tiga kali meriah kemenangan. Beberapa kekalahan yang kami alami itu selisih skornya tidak terpaut jauh. Karenanya kami optimistis di putaran kedua nanti bisa membalas kekalahan itu dan target kami finis di posisi keenam," kata mantan pemain PON Sumbar ini.

Ditambahkan Efri, latihan fisik akan menjadi fokus perhatian menjelang pertandingan seri V. Sebab fisik anak asuhnya ngedrop karena terkuras dalam pertandingan empat seri sebelumnya yang jadwalnya cukup padat.


(Moch Kundori/CN26/SM Network)