• KANAL BERITA

All New KIA Seltos Mengaspal di Semarang

DNA Crossover Bertransmisi Kopling Ganda

UJI COBA : Tim dari media mencoba/test drive All New Kia Seltos di Jalan Pemuda, Semarang. (suaramerdeka.com / Diaz Abidin)
UJI COBA : Tim dari media mencoba/test drive All New Kia Seltos di Jalan Pemuda, Semarang. (suaramerdeka.com / Diaz Abidin)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Usai diluncurkan di Jakarta, 20 Januari 2020 lalu, All New KIA Seltos diperkenalkan di Semarang, Selasa (11/2). Mobil ini dipamerkan dalam KIA Exhibition di DP Mall, Selasa-Minggu (11-16/2). Dilanjutkan di Paragon Mall, Senin-Minggu (17-23). Dengan kemunculannya itu, PT Kreta Indo Artha (KIA) pmegang merek KIA di Indonesia kini tengah menarget penjualan hingga 75 unit mobil di Jawa Tengah-DI Yogyakarta.

Apalagi setelah vakumnya merek ini di industri otomotif Indonesia sejak dua tahun lalu. All New Kia Seltos akan jadi andalan. Mobil ini punya enam pilihan warna. Di antaranya Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver, dan Punchy Orange.

"Sasarannya anak muda. KIA Seltos hadir dengan tiga varian, yakni tipe E, EX, dan EXP, dengan harga mulai Rp 305 juta hingga Rp 365 jutaan," kata Branch Manager KIA Jawa Tengah-DI Yogyakarta, Theodorus Selasa (11/2).

Untuk pasar Indonesia, kendaraan ini mengusung mesin Kappa 4-silinder 1,4-liter (1.353 cc) turbocharger. Tenaga dihasilkan sebesar 140 PS di putaran mesin 6.000 rpm, dengan torsi maksimum 242 Nm di rentang 1.500-3.200 rpm. Seluruh daya tersalur menuju roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis kopling ganda (DCT) dengan tujuh percepatan. Dengan begitu, berkontribusi pada responsivitas akselerasi, dan tentunya berimbas juga dalam efisiensi bahan bakar.

Mode berkendaranya terdiri dari pilihan  mode mengemudi normal, eco, sport, mud, dan snow and sand. “Mode Eco memaksimalkan daya jelajah dengan menghemat penggunaan bahan bakar. Sementara mode Sport meningkatkan respons mesin dengan RPM lebih cepat,” tambahnya.

Desain Berkarakter

Desain tentu menjadi ukuran penting. Detail grille ‘Tiger Nose’ diperlihatkan sebagai identitas utama mobil ini. Dengan menampilkan pola baru, harmonisasinya lebih menyatu antara grille besar dengan lampu utama berteknologi LED plus fitur Auto Light.

Penuh gaya, ekspresif dan modern, begitulah gambaran bodi All-New Seltos dengan cita rasa SUV. Area samping kian kekar lewat pemakaian roda berukuran 215/60R17 (EXP dan EX) dan 205/65R16 (E). Di atap terpasang sunroof yang dapat dibuka secara elektrik.

Sementara itu, gaya tegas dan minimalis bernuansa kendaraan petualang modern tampak pada Kabin. Desain dashboard asimetris dirancang fokus ke arah pengemudi. Sentuhan high-tech tampak nyata lewat monitor infotainment dan panel instrumen.

Meter cluster Supervision berupa monitor ukuran 7 inch.  Lalu monitor LCD sebesar 8 inch berisikan banyak fungsi untuk mempermudah aktivitas mengemudi. Selain Bluetooth voice recognition, head unit  All-New Kia Seltos sudah dilengkapi Apple Car Play dan Android Auto. Layar monitor pun mampu menampilkan visual kamera belakang yang mempermudah proses parkir.

Fitur Keselamatan

Struktur bodi All-New KIA Seltos terbuat dari campuran besi dan aluminium yang rigid namun tetap ringan. Komponen Advanced High-Strength Steel mampu mereduksi getaran yang ditimbulkan dari jalan, sekaligus menyerap energi tumbukan. Enam titik airbag siap menjaga semua penumpang di dalam bila terjadi benturan. Terdiri dari airbag pengemudi, penumpang depan, samping dan airbag tirai.

Fitur lain yang juga tersemat, seperti Anti-lock Braking System, Brake-force Assist, Traction Control System dan empat titik sensor parkir.


(Diaz Abidin/CN26/SM Network)