• KANAL BERITA

Satya Wacana Waspadai Kolektivitas Prawira

 DIADANG LAWAN: Pemain Satya Wacana Salatiga Hal Shane Heyward (tengah) diadang saat berusaha menerobos pertahanan tim lawan pada seri pertama IBL 2020 di GOR Sahabat Semarang, beberapa waktu lalu.(suaramerdeka.com/Krisnaji Satriawan)
DIADANG LAWAN: Pemain Satya Wacana Salatiga Hal Shane Heyward (tengah) diadang saat berusaha menerobos pertahanan tim lawan pada seri pertama IBL 2020 di GOR Sahabat Semarang, beberapa waktu lalu.(suaramerdeka.com/Krisnaji Satriawan)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Klub basket Satya Wacana Salatiga akan menjalani laga penentuan pada seri kedua Indonesian Basketball League (IBL) 2020. Tim asuhan Efri Meldi itu akan berhadapan dengan tuan rumah Prawira Bandung di C-Tra Arena Bandung, Sabtu (18/1). Kolektivitas dari tim arahan Andre Yuwadi harus diwaspadai jika ingin memetik kemenangan.

''Saya menekankan ke pemain, di seri kedua ini harus bangkit dan berusahan memenangi semua laga. Melawan Prawira ini menjadi kunci untuk mendapatkan momentum yang positif padam IBL musim ini. Tim ini (Satya Wacana) punya potensi yang baik. Secara materi berimbang dengan semua tim,'' tutur Pelatih Satya Wacana Salatiga Efri Meldi saat dihubungi, Jumat (17/1).

Kunci untuk melawan Prawira Bandung adalah mental dan kontrol permainan. Dari evaluasi yang dilakukan usai seri pertama di Semarang, beberapa waktu lalu, dua faktor itu yang masih menjadi kendala. Namun, mantan pelatih tim basket putra PON XVIII dan XIX Jateng itu optimistis pemainnya banyak belajar dan bertekad bangkit pada putaran kedua ini.

''Kami tampil <I>full team<P> di Bandung ini. Pemain tak ada kendala, sehingga siap untuk diturunkan. Masalah siapa yang akan menjadi <I>starter<P> masih melihat kondisi terakhir anak-anak besok (hari ini). Bagi saya, semua harus siap turun, tak ada pemain cadangan atau apalah,'' tandas Efri.

Dia menginginkan Cio Manuputty dan kolega bermain agresif dan bisa mengontrol permainan. Artinya, ketiak sudah memimpin angka cukup jauh, harus bisa mengatur ritme permainan. Bisa melihat situasi di mana harus menurunkan atau meningkatkan tempo permainan. Kemudian, tak terburu-buru ketika dalam posisi menyerang.

''Kami juga menginginkan kontribusi lebih dari pemain asing yakni Christopher Valante Sterling, Hal Shane Heyward dan Leshirom Montrell Williams. Ketiganya sejauh ini bisa memenuhi ekspektasi tim dan mengikuti strategi yang kami inginkan. Seri kedua ini, untuk evaluasi pemain asing,'' tandasnya.


(Krisnaji Satriawan /CN19/SM Network)

Berita Terkait
Komentar