• KANAL BERITA

Proliga 2020 Mulai Digulirkan 24 Januari

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kompetisi bola voli kasta teratas di Indonesia, Proliga 2020 segera bergulir. Sesuai jadwal, ajang pembuka akan digelar di Gelanggang Remaja Pekanbaru, Riau, 24 Januari mendatang.

Untuk laga penutup atau grand final dilangsungkan di GOR Amongrogo, Yogyakarta, 18-19 April 2020. Sebelum laga puncak, masing-masing tim peserta akan terlibat bentrok di tujuh venue. Yakni GOR Satria Purwokerto (31 Januari - 2 Februari), Gedung PSCC Palembang (7-9 Februari), GOR Tri Dharma Gresik (28 Februari - 1 Maret), GOR C'Tra Arena Bandung (6-8 Maret), GOR UNY Yogyakarta (13-15 Maret), GOR Joyoboyo Kediri (3-5 April) dan GOR Sritex Arena Solo (10-12 April).

Tahun ini, terdapat enam tim putra dan lima putri yang akan bersaing. Di kelompok putra ada juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI '46, Palembang Bank Sumsel Babel, Jakarta Garuda dan pendatang baru Lamongan Sadang MHS. Sementara tim putri dihuni Jakarta PGN Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI '46, Bandung Bjb Tandamata, Gresik Petrokimia Puslatda KONI Jatim.

Direktur Proliga Hanny Surkatty mengatakan, pada musim kompetisi tahun ini Purwokerto merupakan kota yang baru pertama menjadi tempat pelaksanaan Proliga. Venue tersebut dipakai kandang Jakarta Pertamina Energi. "Ini berarti bola voli, khususnya Proliga, semakin berkembang dan menyebar di berbagai kota di Indonesia," ujar Hanny saat kick off dan konferensi pers Proliga 2020 di Kantor PP PBVSI Jakarta, Rabu (15/1).

Musim ini, tim putra kehilangan satu peserta dari musim lalu, yakni Sidoarjo Aneka Gas Industri. Beruntung, ada Lamongan Sadang MHS yang menggantikannya. Menurut Sutomo, manajer klub Lamongan Sadang MHS, timnya merupakan satu-satunya yang tak mendapatkan sponsor seperti kontestan lain yang memperoleh kucuran dana dari perusahaan raksasa.

Dia mengaku terjun ke Proliga karena atas nama kecintaan bola voli sejak muda. "Dan baru terlaksana sekarang. Meski kami baru, tapi kami ingin memberikan hasil terbaik pada Proliga musim ini," kata Sutomo.


(Arif M Iqbal /CN26/SM Network)