• KANAL BERITA

Thailand dan Vietnam Lebih Serius Membina Atlet

SEA Games Filipina 2019

Foto: suaramerdeka.com / M Alfi Makhsun
Foto: suaramerdeka.com / M Alfi Makhsun

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kiprah kontingen Indonesia di ajang SEA Games XXX Filipina 2019 secara target medali dan dibanding gelaran sebulumnya di Malaysia pada 2017 lalu, dipandang berhasil. Sebab di Negeri Jiran, Indonesia hanya bisa berada di peringkat kelima dengan raihan total 191 medali dari 38 medali emas, 63 medali perak, dan 90 medali perunggu.

Namun bagi pengamat olahraga dari Universitas Negeri Semarang (Unnes), Prof Dr Tandiyo Rahayu MPd raihan medali negara ini jaraknya jauh dari Vietnam dan Thailand.  Indonesia menempati peringkat keempat klasemen umum SEA Games tahun ini dengan raihan 267 medali yang terdiri dari 73 medali emas, 84 perak, dan 110 perunggu. Adapun peringkat kedua yakni Vietnam dan Thailand unggul jauh dari segi medali emas yang dikumpulkan Indonesia.

Vietnam yang berada di peringkat kedua ajang ini menyabet 287 medali dengan rincian 98 medali emas, 85 medali perak, dan 104 perunggu. Sementara Thailand yang ada satu tingkat di atas kontingen Merah-Putih mengumpilkan 92 medali emas, 103 perak, dan 122 perunggu degan total 317 medali

''Prestasi Indonesia sudah sangat bagus, terytama bila dilihat dari terlewati target. Hanya saja agak disesalkan jaraknya jauh banget dengan Vietnam dan Thailand. Hal ini mengukuhkan sinyalemen bahwa pembinaan olahraga di kedua negara itu lebih serius dari di tempat kita,'' kata wanita yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unnes itu.

Terkait tuan rumah yang menjadi juara umum, Tandiyo juga tidak terkejut. Sebab dalam beberapa tahun terakhir, penyelenggara SAE Games digdaya di kandang sendiri. Filipina yang menjadi juara tahun ini juga terakhir kali meraih predikat tersebut saat menjadi tuan rumah di SEA Games 2005 ''Indonesia pernah jadi juara umum di 2011 saat kita tuan rumah. Saat ini juga 2019 juaranya tuan rumah,'' lanjutnya.

Hal yang sama terjadi di 2017, Malaysia menjadi kampiun saat menggelar laga di negeri sendiri. Thailand yang dikatakan Tandiyo memiliki pembinaan yang lebih serius, pernah membuktikan dua kali juara umum beruntun di luar kandang, yakni di Myanmar pada 2013 silam dan di Singapura pada 2015 kemarin.  

Bahkan di era-2000 Negeri Gajah Putih sudah menaklukkan Laos yang menjadi tuan rumah dengan merebut juara umum di 2009. Terakhir Indonesia menjadi pemenang di negeri orang yakni di SEA Games 1993 di Singapura. Baru setelah itu, negeri ini juara hanya di kandang yakni SEA Games 1997 dan 2011.


(M Alfi Makhsun/CN26/SM Network)