• KANAL BERITA

Pengprov Paralayang Siapkan Liga Junior

PIMPIN RAKER: Ketua Pengprov Paralayang Jateng, Arie Samiaji (tengah) saat memimpin diskusi dalam rapat kerja cabang olahraga tersebut, di Hotel Plaza Semarang.  (suaramerdeka.com / I Nengah Segara Seni)
PIMPIN RAKER: Ketua Pengprov Paralayang Jateng, Arie Samiaji (tengah) saat memimpin diskusi dalam rapat kerja cabang olahraga tersebut, di Hotel Plaza Semarang. (suaramerdeka.com / I Nengah Segara Seni)

SEMARANG, suaramerdeka.com  – Pengprov Paralayang memutuskan untuk membuat ruang kompetisi secara periodik untuk para atlet yunior dalam yang diberi label Liga Jateng. Hal ini diputuskan dalam rapat kerja cabang olahraga itu di Hotel Plaza Jl Setyabudi Semarang, Selasa malam (10/12). Keputusan ini diambil untuk menggali bibit atlet muda yang dinilai cukup potensial di Jateng.

Banyak hal yang dibahas dalam raker tersebut, baik menyangkut program yang telah direalisasi tahun 2019 serta rencana kerja untuk tahun 2020. Secara umum yang banyak dibahas dalah menyangkut bidang organisasi dan bidang pembinaan prestasi.

Ketua Pengprov Paralayang Jateng, Arie Samiaji yang memimpin raker tersebut mentakan, dalam hal organisasi, dia menginginkan organisasi olahraga ini harus berkembang di semua daerah di Jateng. ‘’Kami ingin mengembangkan secara merata, namun tentu belum bisa dilaksanakan secara cepat. Yang penting saya bersama pengurus beruasaha mengembangkan olahraga ini di daerah,’’ katanya.

Karena itu dalam program kerja 2020, perhatian terhadap pengurus cabang harus dimaksimalkan. Artinya, prongprov harus memberi kepercayaan kepada pengcab untuk berkiprah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Tidak semua kegiatan atau pengembangan bidang organisasi harus dilakukan Pengprov.

‘’Kan bisa saja yang berkegiatan adalah Pengcab, sementara Pengprov cukup menyupervisi saja,’’ kata Arie sembari menambahkan dengan program ini maka sumber daya manusia (SDM) di daerah-daerah akan bisa terbangun dengan terencana dan teratur.

Sementara dari sisi pembinaan, pengprov akan menggelar Liga Junior yang rencananya diadakan dalam lima seri. Liga ini selain memberikan ruang untuk para atlet junior untuk berkompetisi, juga ada kesempatan bagi daerah-daerah atlet para atlet senior untuk menjadi pelatih. ‘’Di sini akan terjadi transfer ilmu dan pengalaman bagi semua yang terlibat dalam liga tersebut. Untuk teknis pasti Pengprov akan menggelar kegiatan tersebut sesuai aturan yang berlaku,’’ katanya.

Arie mengatakan, yang tak kalah penting dibahas dalam raker tersebut adalah persiapan Jateng untuk menghadapi PON XX di Papua tahun depan. Dalam babak kualifikasi yang berlangsung di Sumedang, September lalu, Jateng menempati peringkat kedua di klasemen umum dengan jatah maksimal atlet.

‘’Kami memang perlu fokus untuk persiapan PON ini. Kami tetap optimis bisa menyumbang medali emas untuk kontingen Jateng. Karena itu, pengurus mengerahkan segenap upaya untuk mencapai target emas PON,’’ ujarnya.


(I Nengah Segara Seni/CN26/SM Network)