• KANAL BERITA

Tinju Gagal Penuhi Target di SEA Games

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

MANILA, suaramerdeka.com - Ambisi cabang olahraga tinju untuk meraih dua emas di ajang SEA Games 2019 gagal total. Dua emas itu melayang setelah dua petinju Indonesia dikalahkan lawannya masing-masing pada partai final di Philippine International Convention Centre (PICC) Manila, Senin (9/12).  

Di kelas 46-48 kg, Kornelis Kwangu Langu ditaklukkan petinju tuan rumah Carlo Paalam dengan skor tipis 2-3. Sebenarnya, dia tampil sangat agresif dalam pertandingan tiga ronde. Namun, petinju asal Bali tersebut hanya bisa pasrah ketika juri mengumumkan dirinya kalah angka tipis dari lawan.

"Saya hanya bisa pasrah dengan keputusan wasit. Yang pasti, saya sudah  tampil sebaik mungkin untuk bisa mengalahkannya. Memang rezeki saya hanya medali perak di Filipina," kata Kornelis.

"Penampilan Kornelis sangat bagus. Dia sangat agresif dan banyak melepaskan pukulan. Harusnya, Kornelis yang menang terapi dikalahkan juri," timpal Ketua Umum PB Pertina, Jhony Asadoma.

Nasib yang sama juga dialami Endang. Tampil di kelas layang ringan (45-48kg) putri, Endang yang dipaksa bertarung dalam jarak pendek harus mengakui ketangguhan Josi Gabuco (Filipina). Wasit memberikan kemenangan bagi Josi dengan skor 0-5.

"Endang memang kalah dari petinju Filipina. Pukulannya banyak yang tidak mengenai sasaran ketika meladeni pertarungan jarak pendek yang diterapkan lawannya. Dia harusnya bermain dalam jarak pukul karena unggul jangkauan," jelas Jhony Asadoma.


(Arif M Iqbal /CN26/SM Network)