• KANAL BERITA

Indonesia Loloskan Tiga Wakil di Final Bulu Tangkis

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

MANILA, suaramerdeka.com - Indonesia menempatkan tiga wakil ke final perorangan cabang bulu tangkis SEA Games 2019. Ketiganya adalah ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan tunggal putri Ruselli Hartawan.

Praveen/Melati melaju ke partai puncak usai mengalahkan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia) pada pertandingan semifinal di Muntinlupa Sports Complex, dengan skor 21-16, 21-18. Begitu pula Greysia/Apriyani yang melaju ke final setelah menyingkirkan pasangan Malaysia, Vivian Hoo/Yap Cheng Wen dengan skor 21-18, 21-19.

Adapun Ruselli Hartawan, awalnya yang tak diperhitungkan mampu menembus babak puncak dengan menggulung unggulan pertama asal Thailand, Pornpawee Chochuwong lewat permainan tiga game, 21-16, 10-21, 21-18.

"Tadinya saya nggak ada bayangan bisa sampai ke final di perorangan ini. Pertandingan tahun ini saya belum ada yang bagus. Jadi bisa dibilang ini ajang pembuktian buat saya. Tapi nggak mau cepat puas, karena di sini kan baru level ASEAN saja. Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi,” kata Ruselli.

Keikutsertaan Ruselli di nomor perorangan memang diputuskan pada saat-saat terakhir, untuk menggantikan Fitriani yang mengalami cedera. Di ganda campuran, Praveen/Melati berhasil menjalankan strateginya dengan baik pada game pertama. Sejak awal hingga merebut angka 21, mereka terus memimpin poin atas lawan.

Masuk di game kedua, Praveen/Melati sempat tertinggal 1-5 dan 4-7. Keduanya terus mencoba memperkecil ketertinggalan dan akhirnya sukses menyalip poin lawan. Praveen/Melati menang 21-18 di game keduanya. “Dari awal kami coba untuk memegang permainan. Kami fokus terus dari awal sampai akhir. Memang di game kedua tadi sempat ada kendala. Tapi akhirnya kami bisa mengatasi bersama,” kata Praveen.

Sementara bagi Greysia/Apriyani, kemenangan ini menambah catatan keunggulan mereka atas Hoo/Yap menjadi 2-0. Sebelumnya Greysia/Apriyani mengalahkan Hoo/Yap di Denmark Open 2019. “Puji Tuhan kami bisa memenangkan pertandingan. Ini tidak mudah karena kami harus bisa fokus terus di lapangan,” kata Greysia.

“Seperti yang saya bilang kemarin, Malaysia ini ada pola yang harus kami atasi. Selain itu dari bolanya juga masih aneh-aneh lagi arahnya. Itu yang harus kami antisipasi dari awal,” imbuh Apriyani.


(Arif M Iqbal /CN26/SM Network)