• KANAL BERITA

Kalimantan Timur Rebut Emas Lead Tim Putra Pra PON Zona 3

NTB Berjaya Boulder Tim Putri

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

PINRANG, suaramerdeka.com - Kontingen Kalimantan Timur berhasil merebut medali emas kategori lead tim putra dalam ajang Pra-PON XX Zona 3 di Pinrang, Sulawesi Selatan, Jumat (15/11).

FPTI Judge Adam Syafiullah mengatakan dalam kategori lead tim putra ini, Kalimantan Timur menurunkan atlet andalannya yakni Pangeran Sapto Wibowo Siburian, Michael Owen Parhorasan Siburian, dan Jamal Al Hadad. Medali perak disabet kontingen Nusa Tenggara Barat. Kontingen NTB diperkuat Zulius Mustofa Azi, Azhar Wan Akbar, dan Fauzan Nurul Islam.

Sementara, tuan rumah Sulawesi Selatan berhasil mengamankan peringkat tiga. Kontingen tuan rumah diperkuat tiga atlet pilihan yakni Gilang Alif Akbar, Rahmat Usman, dan Syahrul Ramadhan. Di sisi lain, Provinsi Nusa Tenggara Barat meraih medali emas di nomor boulder tim putri Pra-PON Zona III yang digelar di Cora, Pinrang, Sulawesi Selatan. Tim boulder putri NTB turut diperkuat oleh atlet Timnas yang baru saja berjaya di Asian Championship 2019, Nurul Iqamah.

FPTI Judge Adam Syaifullah mengatakan, keempat anggota tim boulder putri NTB yakni Anggun Yolanda, Mufidatul Azkiah, Ayu Fathullah, dan Nurul Iqamah. Dalam putaran final yang digelar pada Jumat (15/11), mereka meraih 4top 4zone 4 4. “Sedangkan dalam babak kualifikasi meraih 3top 4zone 4 4,” ujar Adam.

Untuk medali perak diraih oleh tim dari Kalimantan Timur yang beranggotakan Siti Fatimah, Novi Cahya Wardani, Reky Picalia, dan Nova Bina Wadani. Mereka meraih 3top 4zone 4 4 di putaran final, sedangkan di kualifikasi 3top 4zone 6 6. Medali perunggu diraih tim dari Sulawesi Selatan yang diperkuat oleh Sri Anggini, Yulianti, Nurul Maghfirah Hamzah, dan Alivany ver Khadijah. Mereka meraih 1top 4zone 3 9 di babak final. Sedangkan di kualifikasi 3top 4zone 7 4.

Hingga hari kedua Pra-PON Zona III, podium didominasi tiga provinsi, yakni Kalimanatan Timur, NTB, dan tuan rumah Sulawesi Selatan. Kaltim dan NTB sama-sama meraih satu emas dan satu perak, sedangkan Sulawesi Selatan meraih dua perunggu. Hari ini, Sabtu (16/11) dijadwalkan ada dua pertandingan final, yakni lead tim putri dan boulder tim putra. Kedua pertandingan ini dijadwalkan digelar pada pukul 17.00 WIB.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)