• KANAL BERITA

Bayauc Nasmoco Buka Cabang Pertama di Semarang

Presiden Komisaris Nasmoco Group Sebastianus H Budi menyerahkan potongan tumpeng kepada Komisaris Bayauc Jumpei Shiohara, saat Grand Opening Bayauc Nasmoco Auctions Cabang Semarang di Jalan Raya Walisongo No 203 Kilometer 11 Semarang, Rabu (13/11). (suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur)
Presiden Komisaris Nasmoco Group Sebastianus H Budi menyerahkan potongan tumpeng kepada Komisaris Bayauc Jumpei Shiohara, saat Grand Opening Bayauc Nasmoco Auctions Cabang Semarang di Jalan Raya Walisongo No 203 Kilometer 11 Semarang, Rabu (13/11). (suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Melihat tingginya kebutuhan masyarakat Indonesia akan mobil bekas dan masih sedikitnya pilihan balai lelang, khususnya di area Jawa Tengah, PT Bayauc Nasmoco Investindo atau yang lebih dikenal sebagai Bayauc Nasmoco Auction, Rabu (13/11) meresmikan cabang Semarang.

Cabang di Kota Semarang ini merupakan yang pertama semenjak perusahaan joint venture antara Nasmoco Group Indonesia dan Bayauc Co Ltd dari Jepang berdiri pada 2016.

President Director Bayauc Nasmoco Auctions Kobayashi Manabu menyatakan, perusahaan Bayauc di Jepang sudah berusia 40 tahun dan berpengalaman melelang mobil lelang.

Ia melanjutkan, perusahaannya tidak hanya mengandalkan pengalaman dalam melelang mobil bekas saja tetapi juga selalu menerapkan sistem yang lebih baik dan menyesuaikan dengan kondisi pasar.

“Perusahaan kami sebagai balai lelang berusaha menggerakkan bisnis balai lelang, mungkin ke depan akan mengembangkan tukar tambah. Melihat tren ke depan beralih ke online, sangat memungkinkan pembeli akan bertransaksi melalui handphone atau komputer,” kata Kobayashi usai Grand Opening Bayauc Nasmoco Auctions Cabang Semarang di Jalan Raya Walisongo No 203 Kilometer 11 Semarang.

Balai lelang ini menonjolkan inspeksi yang dilakukan oleh inspektor yang telah dilatih secara teliti untuk memeriksa kondisi mobil, sesuai dengan perkembangan teknologi yang berkembang. Sistem inspeksi dibuat dengan memikirkan perkembangan mobil 10 tahun mendatang.

Manager Bayauc Nasmoco Auction Semarang Hengky C Purba mengatakan, inspeksi yang dilakukannya sampai saat ini terbukti akurat sampai 90 persen di mana peserta lelang bisa mengecek kondisi kendaraan tanpa harus melihat kondisi mobil secara langsung dengan membaca hasil inspeksi pada Inspection Sheet yang ada di website www.bayaucnasmoco.com.

“Selain itu, ada juga fasilitas VIS (Video Inspection System) untuk kendaraan yang dijual dengan harga 100 juta ke atas, yang dapat dilihat juga di Youtube,” tambah Henky.

Sistem inspeksi kendaraan ini diadopsi dari Jepang dan telah disesuaikan dengan kondisi di Indonesia, sehingga hasil inspeksi dapat dijadikan referensi yang terpercaya untuk melihat kondisi kendaraan, yang disebut dengan Sebastian Inspection System (SIS). Setiap proses lelang, peserta lelang di Semarang juga dapat mengikuti lelang yang diadakan di Alam Sutera (lelang lintas daerah). 

“Kami melelang setiap Rabu, satu pekan sekali pukul 11.00 -13.00, dengan sistem e- auction penawar di Alam Sutra BSD Tangerang bisa menawar di Semarang, begitu sebaliknya. Untuk di Alam Sutra dimulai pukul 13.00. Satu kali lelang rata-rata 100 mobil atau 14.400 mobil telah dilelang dari 2016,” tuturnya.

Menempati lahan seluas 15 ribu meter persegi, cabang baru Bayauc Nasmoco Auction ini setiap pekannya ditargetkan bisa melakukan pelelangan sebanyak 75 unit mobil.

Nasmoco Group juga mempunyai Nasmoco Auto Gallery, yang fokus pada trade in used car. Sedangkan Bayouc ini pada kendaraan disposal yang sudah bisa dijual. Untuk pembelinya 90 persen showroom mobil bekas, daripada end user. Dibandingkan dengan show room dan online harga jelas lebih rendah, tetapi yang mereka unggulkan adalah kecepatan menjual. 

Bayauc mulai mengadakan lelang pertama pada bulan 14 Desember 2016 dengan sistem manual dan beralih ke sistem E-auction per tanggal 30 Oktober 2019. Peserta yang akan mengikuti lelang cukup mengisi formulir pendaftaran dan akan mendapatkan nomor peserta lelang (NPL) dengan nominal deposit Rp 5 juta.

Sesuai dengan visinya, “Open The Way To The Future”, Bayauc Nasmoco Auction menghadirkan lelang dengan sistem E-Auction, dengan perangkat komputer yang telah disediakan di balai lelang. Sebelum mengikuti lelang, peserta lelang dapat memeriksa kondisi kendaraan pada saat Open House setiap hari Senin.


(Puthut Ami Luhur/CN39/SM Network)