• KANAL BERITA

KONI Kota Magelang Siap Seleksi Ketat Atlet Dulongmas

Foto: istimewa
Foto: istimewa

MAGELANG, suaramerdeka.com – KONI Kota Magelang siap menyeleksi ketat para atlet yang akan berlaga di Porwil Kedu, Pekalongan, dan Banyumas (Dulongmas) 2020 di Kota Pekalongan. Langkah tersebut dilakukan, karena keterbatasan anggaran, tapi diharapkan meraih hasil maksimal.

Ketua KONI Kota Magelang, Budi Tjahjadi mengatakan, anggaran Koni untuk persiapan maupun keikutsertaan di Porwil Dulongmas dari Pemkot Magelang sedikit. Namun demikian, pihaknya optimis mampu meraih hasil maksimal. “Karena itu, kita perlu melakukan seleksi ketat kepada para atletnya,” ujarnya di kantornya, Kamis (7/11).

Dia menuturkan, pihaknya membagi kategori atlet menjadi tiga, yakni A, B, dan C. Kategori A adalah atlet yang sudah pernah ikut Porprov Jateng 2018 dan meraih medali. Kategori B sudah pernah ikut Porprov, tetapi belum mendapat medali. Lalu atlet kategori C belum pernah ikut Porprov Jateng.

“Tentunya yang akan berangkat atlet yang berprestasi dan lolos seleksinya. Jadi tim yang berangkat kecil, tetapi diharapkan hasilnya maksimal. Rencana bulan depan dibentuk tim bayangan yang akan berangkat ke Porwil Dulongmas. Jumlah atlet yang berangkat sekitar 100-200 orang,” katanya.

Untuk keperluan event itu, katanya, Koni Kota Magelang mendapat bantuan dana dari Pemkot Magelang Rp 1,4 miliar. Dana itu untuk latihan, sarana pendukung termasuk di dalamnya bonus untuk atlet yang meraih medali.

Porwil Dulongmas sendiri digelar setiap empat tahun sekali, dan tahun depan porwil ke-V. Pada porwil tahun 2015 Kota Magelang menduduki urutan kedua (74 emas, 74 perak, dan 49 perunggu). Juara umum diraih Banyumas dengan 83–49–49 dan peringkat ketiga Banjarnegara  49–29–36.

“Dampak dari itu, kita kekurangan dana untuk memberi bonus ke atlet yang meraih medali. Target medali emas pada Dulongmas IV itu sekitar 40 medali, ternyata hasilnya 74 medali emas. Karena itu, Koni meminta tambahan dana kepada Pemkot dan DPRD Kota Magelang,” jelasnya.

Soal cabang olahraga, Budi menyebutkan, kontingen Kota Sejuta Bunga nanti akan mengikuti 32 cabang dari 38 cabang yang dilombakan. Ada enam cabang yang memang tidak ikut, karena di Kota Magelang memang belum ada. “Kami ikut di 32 cabang, namun jumlah atletnya dikurangi karena keterbatasan anggaran tersebut,” tandasnya seraya menambahkan, Dulongmas merupakan sasaran antara untuk persiapan menghadapi Porprov Jateng tahun 2022.


(Asef Amani/CN26/SM Network)