• KANAL BERITA

Pembangunan Sirkuit MotoGP di Mandalika Ditarget Selesai Akhir 2020

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pembangunan sirkuit yang akan dijadikan sebagai venue MotoGP 2021 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) optimistis bisa selesai pada akhir 2020. Saat ini, progres pembangunan baru pada tahap penggalian lahan.

Keyakinan itu diaampaikan Direktur Utama PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero (ITDC) Abdulbar Mansoer usai bertemu Menpora Zainudin Amali di Jakarta, Selasa (5/11). "Kami harapkan satu tahun pembangunan selesai. Ini sesuai rencana awal," kata Abdulbar.

Dia menjelaskan, sirkuit di Mandalika dipastikan menjadi salah satu venue yang paling indah di dunia. Ini tak lepas dari pemilihan lokasi yang berada di pusat tempat wisata Mandalika, di mana ada beberapa pantai yang dilewati. "Kondisi ini berbeda dengan di Sepang (Malaysia) yang hanya dekat bandara atau Motegi (Jepang) di tempat kosong," jelas Abdulbar.

Target pembangunan sirkuit harus tepat waktu supaya Indonesia bisa menggelar salah satu seri balapan motor terbesar di dunia tersebut. Apalagi, Dorna Sports selaku pengelola MotoGP mengharapkan Indonesia bisa menjadi tuan rumah karena begitu banyaknya penggemar olahraga otomotif tersebut. Rencananya, sirkuit memiliki panjang lintasan 4,31 km dengan 17 tikungan.

Menpora Zainudin Amali turut yakin pembangunan sirkuit akan selesai tepat pada waktunya. Namun sebelumnya Menpora meminta kepastian apakah ITDC selaku pengembang untuk sirkuit Mandalika bisa menyelesaikan pembangunan sesuai target, karena ini membawa nama Indonesia di mata internasional.

"Menurut mereka (ITDC) persiapan-persiapan sampai sekarang masih sesuai dengan perencanaan yang dijanjikan di awal. Karena ini menyangkut nama Indonesia sebagai tuan rumah, maka kita tidak mau main-main. Apabila tidak sanggup, segera bilang," ujar Amali.


(Arif M Iqbal /CN26/SM Network)