• KANAL BERITA

265 Atlet dari Enam Negara Ramaikan Kejuaraan Superliga Junior 2019

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kejuaraan bulu tangkis beregu Caffino Superliga Junior 2019 segera digelar di GOR Djarum, Magelang, 15 - 20 Oktober mendatang. Tak kurang, sebanyak 265 atlet dari enam negara yakni Indonesia, Malaysia, Jepang, Taiwan, Singapura dan Thailand akan berjuang memperebutkan empat piala bergengsi dari dua kategori usia.

Seperti ediai sebelumnya, Caffino Superliga Junior 2019 menggunakan format beregu Thomas - Uber di dua kategori usia yakni U-17 dan U-19. Sistem ini akan mempertandingkan lima partai yang terdiri dari tiga tunggal dan dua ganda.

Pada kategori U-19, piala yang diperebutkan adalah Piala Liem Swie King untuk U-19 Putra dan Piala Susy Susanti untuk U-19 Putri. Sementara itu, di kategori U-17 piala yang diperebutkan ialah Piala Hariyanto Arbi sebagai piala untuk U-17 Putra dan Piala Yuni Kartika untuk U-17 Putri.

Direktur Superliga, Achmad Budiharto menuturkan, tingginya partisipasi atlet-atlet muda yang ambil bagian dalam turnamen ini merupakan angin segar bagi proses regenerasi pebulu tangkis di Indonesia. Melalui Superliga Junior, menurut dia, atlet-atlet muda Indonesia akan ditempa mental dan daya juangnya dalam melawan pemain-pemain asing sebelum nantinya mereka masuk ke level senior.

“Superliga Junior merupakan turnamen beregu yang akan menguji mental para pemain muda dalam format kejuaraan beregu. Sehingga, diharapkan mereka memiliki jam terbang dan pengalaman yang mumpuni ketika tampil di turnamen yang lebih besar lagi,” tutur Achmad Budiharto dalam konferensi pers Caffino Superliga Junior 2019 di Jakarta, Rabu (9/10).

Budiharto menambahkan, Superliga Junior telah terbukti sebagai ajang mengasah kemampuan para atlet muda. Hal ini bisa dilihat dari tingginya animo klub-klub bulu tangkis yang berpartisipasi di dalam turnamen ini. Tahun ini, 13 klub mendaftarkan para pemain mudanya untuk bertanding.

Kawasan Asia

Tak hanya diikuti klub-klub nasional, ajang ini juga melibatkan para pebulu tangkis muda dari kawasan Asia. Di kategori U-19, klub-klub yang akan menurunkan atlet-atlet muda terbaiknya adalah PB Djarum Kudus, Exist Badminton Club, Mutiara Cardinal Bandung, Jatim United, Blibli.com Team, Harimau Muda team C (Malaysia), Kumamoto Team (Jepang), Granular Badminton Academy (Thailand), Taiwan High School (Taiwan), Singapore Badminton Association (Singapura).

Sementara pada kategori U-17, terdapat sembilan klub yang akan bertanding yaitu PB Djarum Kudus, Exist Badminton Club, PB Jaya Raya, Mutiara Cardinal Bandung, SGS PLN Bandung, Sarwendah Badminton Club, Harimau Muda Team A (Malaysia), Harimau Muda Team B (Malaysia), dan Kumamoto Team (Jepang). Caffino Superliga Junior 2019 menyediakan total hadiah sebesar Rp 610 juta.

Di kategori U-19 yang memperebutkan Piala Liem Swie King dan Piala Susy Susanti, masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah Rp 100 juta untuk juara, Rp 50 juta untuk runner up, dan peringkat III bersama Rp 25 juta. Sedangkan di U-17 yang memperebutkan Piala Hariyanto Arbi dan Piala Yuni Kartika akan mendapatkan hadiah Rp 50 juta untuk juara, Rp 25 juta bagi runner up, dan peringkat III bersama Rp 15 juta untuk masing-masing kategori.

CEO PT. Sumber Kopi Prima, Ihsan Mulia Putri, selaku sponsor kejuaraan, menuturkan bahwa kejuaraan ini merupakan langkah nyata demi mendukung pengembangan bakat atlet muda bulu tangkis Indonesia sehingga bisa menjadi andalan Merah Putih di kancah perbulutangkisan dunia di masa mendatang.

“Semangat dari para atlet muda yang terus berjuang untuk meraih hasil terbaik menginspirasi Caffino untuk memiliki semangat yang sama. Kami berharap para atlet muda yang berlaga dalam turnamen ini dapat menunjukkan daya juang tinggi sehingga bisa memberikan prestasi yang optimal di atas lapangan. Dengan demikian, diharapkan akan lahir juara-juara baru yang akan meneruskan tongkat estafet kemenangan yang sudah dirintis oleh para atlet senior terdahulu," ungkapnya.


(Arif M Iqbal /CN26/SM Network)