• KANAL BERITA

Indonesia Juarai Even Olahraga Antarpelabuhan se ASEAN

FOTO BERSAMA: Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/ IPC Elvyn G. Masassya (dua dari kanan) foto bersama dengan perwakilan negara-negara peserta sebelum penutupan 13th Asean Port Association (APA) Sports Meet 2019 di Candi Prambanan, Jumat (20/9) malam. (Foto suaramerdeka.com/Gading Persada)
FOTO BERSAMA: Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/ IPC Elvyn G. Masassya (dua dari kanan) foto bersama dengan perwakilan negara-negara peserta sebelum penutupan 13th Asean Port Association (APA) Sports Meet 2019 di Candi Prambanan, Jumat (20/9) malam. (Foto suaramerdeka.com/Gading Persada)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Kontingen Indonesia berhasil keluar sebagai juara pada pesta olahraga multieven antarpegawai pelabuhan se Asia Tenggara bertajuk 13th Asean Port Association (APA) Sports Meet 2019 yang berlangsung di Jogja. Berlangsung pertengahan pekan ini dan resmi ditutup, Jumat (20/9) malam di Candi Prambanan, Indonesia menjadi juara umum dengan 18 emas, 19 perak dan 16 perunggu. Total ada 135 medali yang diperebutkan dalam gelaran itu.

"Keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah tidak lepas dari kerja keras banyak pihak," ujar Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/ IPC Elvyn G. Masassya sebelum penutupan.

Dia pun bersyukur pegawai-pegawai Pelindo bisa mengharumkan nama bangsa di negeri sendiri. Dari banyaknya pegawai yang diturunkan membela Indonesia, diakuinya memang ada nama-nama yang pernah membela Timnas Indonesia. Seperti di futsal dimana sebagian besar merupakan awak Timnas Futsal Indonesia.

"Meski begitu, semua kami pastikan berlangsung fairplay," imbuh dia.

Event Asean Ports Association ini diikuti 9 negara anggota yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam, Filipina, Thailand, Brunei dan Myanmar.

Event yang digagas PT Pelabuhan Indonesia (Persero) itu ditutup dengan pertunjukan budaya dan seni di sesi closing ceremoni di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta.
Event penutupan itu dikemas dalam bentuk event gala dinner, yang diikuti 1.000 atlet dan kontingen dari 9 negara peserta 13th APA Sports Meet 2019. 

Event APA Sports Meet dibentuk  pada tahun 1974 ini memiliki agenda kegiatan rutin bertempat di negara anggota secara bergantian seperti Annual Meeting, HR Meeting, dan lainnya. Khusus untuk APA Sports Meet yang merupakan pekan olahraga yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali dan diikuti oleh seluruh negara anggota APA, dimana pada penyelenggaraan ke 13 bertempat di Indonesia.

“Semoga kekompakan terus terjalin antar negara anggota APA. Optimisme dan energi positif akan menjadi bahan bakar dalam menumbuhkan semangat kolaborasi antar negara di Asean dalam menyajikan pelayanan jasa kepelabuhanan yang semakin efektif, efisien dan optimal”, ujar Elvyn.

Chairman ASEAN Port Association (APA), Muhammad Razif bin Ahmad menambahkan pihaknya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia, tim Pelindo I, II, III dan IV atas upaya dan antusiasmenya dalam perhelatan 13th APA Sports Meet. 

"Saya akui Indonesia telah menjadi tuan rumah yang baik dan melakukan perkerjaan luar biasa dalam memastikan acara ini berjalan lancar. ASEAN bangga dengan Indonesia dan APA khususnya bahkan lebih bangga dengan kalian,” sambung dia.

Sebagai cinderamata IPC membagikan alat musik tradisional angklung kepada seluruh tamu undangan yang dilanjutkan dengan menyuguhkan penampilan sendratari Ramayana. 


(Gading Persada /CN19/SM Network)