• KANAL BERITA

Sambo Percaya Diri Hadapi SEA Games Filipina 2019

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Cabang olahraga bela diri sambo semakin percaya diri menghadapi SEA Games 2019 Filipina setelah atlet terbaiknya sukses pada Kejuaraan Sambo Asia di India, 11-16 September 2019 lalu dengan meraih tiga medali emas, dua perak dan satu perunggu.

"Ini adalah pencapaian terbaik sambo sejak berdiri di Indonesia 10 tahun lalu. Jadi ini modal yang sangat bagus untuk SEA Games," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Sambo Indonesia (PP Persambi) Krisna Bayu di Jakarta, Rabu, 18 September 2019.

Menurut dia, pada Kejuaraan Asia 2019 lawan yang dihadapi adalah atlet yang sudah jauh berpengalaman seperti atlet dari Uzbekistan, Kirgistan, Kazakhstan, Iran, Mongolia, Jepang dan Korea Selatan. Dengan demikian, atlet Indonesia satu level di atas negara Asia Tenggara. Medali emas pada kejuaraan Asia itu disumbangkan Ridha Wahdaniaty kelas women sports 80kg, Desiana Syafitri kelas women sports 52kg dan Emma Ramadinah kelas women combat 64kg.

Medali perak direbut Fajar dari kelas Combat 57kg sedangkan perungu direbut Vincen Majid (Combat -90kg) dan  Muhammad Rizky Fauzi (Combat -82kg). Sebelumnya pada kejuaraan dunia di Korea, Ridha merebut perak dan Desiana meraih perunggu. 

"Prestasi ini di luar dugaan. Tadinya, saya memperkirakan atlet sambo putra yang lebih berpeluang ternyata atlet sambo putri yang merebut emas. Jadi, mereka  akan menjadi tumpuan harapan kita di SEA Games. Selain itu, kami juga menyiapkan atlet lain yang sebelumnya tidak meraih medali baik di Korea maupun India," kata Krisna Bayu. 

Juara Umum

Mantan judoka nasional itu menegaskan dengan prestasi yang ada saat ini pihaknya menargetkan Emma Ramadinah dan kawan-kawan sukses menjadi juara umum pada kejuaraan dua tahunan di Filipina itu. Pada SEA Games 2019, ada tujuh nomor yang dipertandingkan. "Meski dengan dana terbatas, kami akan bekerja dengan maksimal dan akan kami tunjukkan dengan prestasi," tandas Krisna Bayu. 

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengapresiasi atlet sambo Indonesia yang berhasil mengukir prestasi pada kejuaraan level Asia dan dunia. "Terima kasih atas perjuangannya, tentunya bangga dengan hasil ini. Semoga bisa terus berprestasi," kata Imam Nahrawi saat menerima kunjungan atlet Sambo Indonesia beserta jajaran PP Persambi di kediamannya, Jalan Widya Chandra III, Jakarta, Selasa (17/9). 

Dalam kesempatan itu, Menpora juga mendorong agar para atlet Sambo terus berprestasi. Menurut Menpora, atlet adalah aset negara. Untuk itu, atlet diharap dapat terus berlatih dengan sungguh-sungguh."Atlet itu aset bangsa. Berlatihlah dengan sungguh-sungguh, semoga bisa terus memberikan medali dan prestasi untuk Indonesia. Semua pengorbanan tidak ada yang sia-sia," jelasnya.

Manajer Pelatnas PP Persambi, M Riyad mengatakan, pihaknya berterima kasih atas dukungan Kemenpora. Dia juga berharap, atlet Sambo Indonesia bisa terus berprestasi dan meraih medali pada kejuaraan lainnya. "Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pak Menpora. Kami mendapat dukungan. Semoga pada SEA Games 2019 nanti, kita bisa dapat medali emas," ujarnya.


(Arif M Iqbal /CN26/SM Network)