• KANAL BERITA

Wajah Baru dan Fitur Melimpah New Calya

NEW CALYA : PT Toyota Astra Motor (TAM) bersama Nasmoco group meluncurkan Toyota New Calya di atrium Mall Ciputra Semarang. (suaramerdeka.com / Diaz Abidin)
NEW CALYA : PT Toyota Astra Motor (TAM) bersama Nasmoco group meluncurkan Toyota New Calya di atrium Mall Ciputra Semarang. (suaramerdeka.com / Diaz Abidin)

SETELAH  lama ditunggu, akhirnya Toyota Astra Motor menyegarkan tampilan mobil andalannya di level entry Multi Purpose Vehicle (MPV).  Tentu saja ini menggembirakan bagi konsumen yang memiliki bujet minim, tetapi mendambakan kendaraan yang berkelas. Kehadiran New Calya 2019, tak hanya menampakkan wajah segarnya, tetapi datang dengan mengusung sejumlah ubahan dan fitur melimpah.

Toyota sepertinya mengerti kegelisahan konsumen tentang Calya yang memang menjadi salah satu primadona di kelas MPV LCGC 7-Seater. Wajarlah jika lansiran terbarunya ini kemudian hadir dengan desain wajah agresif, dinamis, lengkap dengan fitur yang memberikan kenyamanan berkendara.

Mobil kompak itulah yang Selasa (17/9), diperkenalkan Nasmoco Group kepada media untuk pasar Jateng dan DIY di Lounge Hotel Ciputra Semarang. Hadir pada kesempatan itu, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Kazunori Minamide, Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy, Managing Director Nasmoco Group Fatrijanto, Marketing Director Nasmoco, Hartono Dinata, Area General Manajer area II Jateng-DIY Dadi Hendriadi, dan tentu saja President Director Nasmoco Group Simon H Budi. Khusus di wilayah Jateng-DIY, periode launching ini berlangsung 14-25 September.

Sekalipun berada di level entry MPV, Toyota tetap membekali New Calya dengan amunisi yang ampuh untuk menggoda konsumen. Dengan kelimpahan fitur-fitur barunya, mobil tujuh penumpang ini diharapkan menjadi patner yang andal untuk mendukung aktivitas sehar-hari sesuai dengan tagline New Calya, <I>partner in times<P>. Sebagaimana filosofi perusahaan yang menghargai setiap investasi konsumen, penyegaran produk ini merupakan wujud penghargaan terhadap mereka.

"New Calya hadir dengan sejumlah penyegaran dan semakin meningkatkan nilai tambahnya sebagai mobil keluarga yang tak hanya memiliki fungsi beragam, tetapi juga tampil semakin gaya, tangguh, dan nyaman dikendarai. Kehadiran New Calya, kami harapkan bisa melanjutkan kesuksesan pendahulunya dalam memberikan kontribusi signifikan bagi market MPV, khususnya segmen entry MPV," kata Managing Director Nasmoco Group, Fatrijanto.

Naik Kelas

Tidak berlebihan jika produk ini diharapkan berkontribusi besar pada penjualan pabrikan Toyota. Sentuhan-sentuhan ahli TAM,  mampu mengubah mobil level terendah ini seperti naik kelas ke kasta yang lebih tinggi. "Mobil ini hadir dengan varian lengkap baik yang bertransmisi manual maupun automatic. Sentuhan pengembangan yang dilakukan Toyota pada sisi eksterior dan interior telah menjadikan mobil ini mampu meningkatkan prestige pengemudi dan penumpangnya," terang Dadi Hendriadi.

Pernyataan Dadi memang tidak berlebihan. Ubahan pabrikan asal Jepang terhadap pionir market entry MPV ini, terutama pada tipe G, benar-benar memanjakan pengemudi dan penumpangnya.

Selain berubah dari segi wajah depan, lampu utama juga mendapat dukungan LED dengan desain lebih tajam. Fiturnya tak kalah praktis, kaca spionnya bisa melipat secara otomatis. Tentu ini sangat memudahkan pengendara. New Calya tipe G juga didukung fitur Head Unit Touchscreen, dan tombol pengaturan audio pada setir. Ini merupakan ubahan paling special, karena tak ditawarkan pada versi sebelumnya. Sehingga pembaruan ini terasa benar-benar menguntungkan.

Pada Calya E 2019 juga tampil semakin modern dengan desain grille baru dipadu pelek lebih sporty. Pembaruan di tipe E lebih ditujukan pada aspek eksterior saja. Selebihnya masih sama, seperti penggunaan dashboard kombinasi dua warna. Di sisi lain, fitur keselamatan menghadirkan SRS Airbags, ISOFIX dan sabuk pengaman.

Toyota sebagaimana diungkapkan Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy, optimistis dengan tampang baru New Calya yang hadir dengan kemasan lebih agresif, bisa mendongkrak pemasaran. Ia menargetkan dengan sentuhan baru serta penambahan beberapa fitur, diharapkan penjualannya bisa naik 10 persen. ‘’Sebelumnya itu kan 4.000 hingga 4.300 unit, kita harap bisa naik sampai 10 persen lah dari itu. Jadi 5.000 sampai 5.300 unit per bulannya,’’ ucap dia di sela peluncuran Calya.

Menurut Anton modal Calya sebenarnya bukan hanya dari segi tampilan baru saja yang lebih modern, namun memang dari segi segmentasi pasar, Calya lebih luas dibandingkan Agya. Kondisi ini lantaran Calya menawarkan sebuah solusi mobil dengan harga terjangkau yang memiliki kapasitas tampung sampai tujuh penumpang.

Sentuhan pada eksterior dan interior itu, tak hanya memberikan kesan lebih nyaman, hangat, dan lega, tetapi juga meningkatkan prestise New Calya sebagai kendaran entry MPV.


(Diaz Abidin, Eko Adi N/CN26/SM Network)