• KANAL BERITA

Jogja Tuan Rumah Pemanasan IBL

Piala Raja Jogja Istimewa Cup 2019

PIALA RAJA: Direktur Pemasaran BPD DIY Agus Tri Murjianto dan Edy Wibowo, Presiden klub BPD DIY Bima Perkasa Jogja memegang Piala Raja didampingi direksi BPD DIY serta awak tim Bima Perkasa Jogja saat jumpa pers di Kantor Pusat BPD DIY, Sabtu (13/9). (suaramerdeka.com / Gading Persada)
PIALA RAJA: Direktur Pemasaran BPD DIY Agus Tri Murjianto dan Edy Wibowo, Presiden klub BPD DIY Bima Perkasa Jogja memegang Piala Raja didampingi direksi BPD DIY serta awak tim Bima Perkasa Jogja saat jumpa pers di Kantor Pusat BPD DIY, Sabtu (13/9). (suaramerdeka.com / Gading Persada)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Kota Jogja melalui GOR Amongrogo bakal menjadi tuan rumah turnamen basket Piala Raja Jogja Istimewa Cup (JIC) 2019, 1-6 Oktober nanti. Diikuti tim-tim basket profesional Indonesia, ajang ini sekaligus dijadikan pemanasan bagi klub tersebut sebelum turun pada kompetisi basket profesional di Tanah Air, Indonesia Basketball League (IBL) musim 2019.

Berbeda dengan even tahun sebelumnya, pada edisi kali ini Tim Nasional (Timnas) Basket Indonesia proyeksi SEA Games 2019/Filipina juga ikut diundang sebagai peserta. Kehadiran skuad timnas melengkapi lima tim IBL lainnya yang juga ambil bagian seperti wakil Jateng, Satya Wacana Salatiga, Pacific Caesar Surabaya, Amartha Hangtuah, Pelita Jaya dan tuan rumah BPD DIY Bima Perkasa Yogyakarta. Adapun juara bertahan musim lalu pada even ini, CLS Knights Surabaya absen tak ambil bagian karena tengah TC di Eropa.

"Kami sebagai pengelola tim profesional tentu harus mendukung program Timnas. Hal ini tentunya baik demi basket Indonesia namun tidak bisa kami pungkiri perlu ada banyak penyesuaian," terang Edy Wibowo, Presiden klub BPD DIY Bima Perkasa saat jumpa pers di Kantor Pusat BPD DIY, Bumijo, Kota Jogja, Jumat (13/9).

Dengan peserta enam tim, kompetisi dibagi dalam dua grup dengan masing masing 3 tim. Hari pertama sampai ketiga digunakan sebagai penyisihan. Hari keempat untuk perebutan peringkat 5-6. Sedangkan di hari kelima semifinal. Dihari terakhir adalah laga final dan perebutan peringkat ketiga. 

Edy menjelaskan sebagai tuan rumah, timnya melihat kejuaraan ini sebagai persiapan IBL musim 2020 yang akan bergulir mulai Januari tahun depan. IBL musim 2020 rencananya akan terdiri dari delapan tim, termasuk Timnas Basket Indonesia untuk pertama kalinya juga akan ikut ke dalam Iiga basket tertinggi di Indonesia. Tentunya, seluruh tim perlu penyesuaian terkait perubahan besar ini terlebih beberapa tim yang pemain terbaiknya dipanggil untuk membela Tim Nasional. 

Lisensi IBL

Karena itu pula Piala Raja JIC 2019 dikhususkan untuk tim dengan Iisensi IBL dan Timnas untuk menjadi peluang tim-tim dalam menyesuaikan IBL musim depan. Meski kondisinya belum ada pemain asing yang terlibat.   "Kami sangat terbantu dengan adanya Piala Raja JIC 2019 ini. Bagi kami ini sebagai ajang pre-season dan ujicoba pemain lokal kami," jelas Manajer Satya Wacana Salatiga Zaki lskandar.

Terkait keikutsertaan timnas, pelatih BPJ Roul 'Ebos' Miguel Hadinoto sangat mengapresasinya karena dapat meningkatkan kualitas kompetisi. Bahkan bisa menjadi dahaga saat masih minimnya jumlah kejuaraan basket di Tanah Air. "Kami fokus dengan materi pelatihan. dan siapapun Iawan di depan tentu semakin semakin baik dengan begitu akan mengangkat target kami juga untuk bermain semaksimal mungkin," tambah Roul.

Pihak IBL pun mengapresiasi BPD DIY Bima Perkasa Jogja karena telah menyelenggarakan kompetisi basket untuk tim IBL sebelum musim 2020 dimulai.

"Kami sangat mengapresiasi dan mendukung adanya Piala Raja 2019 ini. Bima Perkasa adalah klub kebanggaan Jogja yang mempunyai banyak fan fanatik seiring prestasi yang juga selalu maju. Kegiatan seperti ini menjadi contoh kepada semua stakeholders agar bahu membahu meningkatkan bola basket di Tanah Air melalui penyelenggaraan kegiatan turnamen," papar Junas Miradiarsyal Direktur Utama IBL. 

"Sebagai produk dari DIY kami juga bangga menjadi sponsor tim ini," papar Direktur Pemasaran BPD DIY Agus Tri Murjianto.


(Gading Persada /CN26/SM Network)