• KANAL BERITA

Jogja Sumbang 40 Persen Market Outlet BMW Jateng

BMW CARD: CEO BMW Astra Fredy Handjaja (tiga dari kanan) dan jajaran manajemen BMW Astra menunjukkan BMW Card saat acara Sapa Pelanggan Jogja di Ambarukmo Hotel Jogja. (suaramerdeka.com / Gading Persada)
BMW CARD: CEO BMW Astra Fredy Handjaja (tiga dari kanan) dan jajaran manajemen BMW Astra menunjukkan BMW Card saat acara Sapa Pelanggan Jogja di Ambarukmo Hotel Jogja. (suaramerdeka.com / Gading Persada)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), BMW Astra memang tak memiliki kantor perwakilan maupun bengkel resminya, namun di Kota Pelajar ini market share-nya lumayan besar menyumbangkan pendapatan kantor dealer Jateng-DIY yang berlokasi di Semarang.

"Jogja dan sekitarnya berkontribusi menyumbang 40 persen market share kami untuk dealer Jateng-DIY," papar CEO BMW Astra Fredy Handjaja usai membuka acara BMW Astra Sapa Pelanggan Jogja di Ambarukmo Hotel Jogja.

Sebagai salah satu dealer BMW di Indonesia yang juga tercatat satu-satunya dealer terbesar, BMW Astra memiliki total delapan outlet. Mulai dari Jakarta ada empat cabang, Bandung, Kota Semarang, Surabaya, Makassar dan Bali. Jakarta sebut dia masih tercatat sebagai outlet penyumbang market share terbanyak 80 persen. "Kami juga satu-satunya dealer BMW yang menjual mobil BMW tipe mobil listrik," imbuh dia.

Pada kesempatan Sapa Pelanggan Jogja itu, juga diperkenalkan layanan barunya bagi pengguna mobil BMW dan juga MINI di Kota Gudeg. Lewat program Beli, Service, Jual di Astra merupakan model sistem layanan yang terintegrasi untuk konsumen di seluruh Indonesia. "Layanan terintegrasi ini memudahkan konsumen untuk urusan pembelian mobil baru maupun bekas, servis, suku cadang hingga penjualan kembali," sambung Fredy.

Dapatkan perlengkapan otomotif dengan harga terbaik

Meskipun BMW Astra belum hadir di DIY, namun layanan itu masih bisa ditangani melalui BMW Astra Semarang yang memang berfokus memfasilitasi kebutuhan pengguna Yogyakarta dan Jateng. Misalnya jika pengguna hendak melakukan test drive dan penjemputan servis akan dilayani melalui jaringan cabang BMW Semarang.

Konsumen pun bisa menjual kembali mobil BMW miliknya atau membeli mobil BMW lain dalam kondisi bekas karena lewat layanan ini BMW Astra yang melayani jual beli mobil BMW bekas alias used cars. "Untuk konsumen yang ingin beli mobil baru dengan cara menjual mobil lamanya bisa terlayani lewat program ini. Keuntungannya, harga kompetitif, proses cepat dan transparan serta proses appraisal (penaksiran) dilakukan di rumah (konsumen)," ujarnya.

Terpisah, Yayat Suryatna selaku kepala Bengkel BMW Astrs Jateng-DIY membenarkan cukup banyaknya pelanggan mobil premium buatan Jerman tersebut di wilayah Jogja. "Yang terekam servis di tempat kami saja dari DIY itu ada sekitar 300an. Belum lagi yang beredar di jalanan tapi tidak melakukan servis di tempat kami," tandas Yayat.


(Gading Persada /CN26/SM Network)