• KANAL BERITA

Kalah Peringkat, Tim Tenis Indonesia Tak Gentar Lawan Selandia Baru

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Tim tenis Indonesia bakal menghadapi Selandia Baru pada Piala Davis 2019 Grup II Zona Asia Oseania di lapangan tenis GBK Senayan, Jakarta, 14-15 September ini. Skuat tuan rumah berharap bisa mencuri poin di nomor tunggal.

Pada ajang ini, Indonesia diperkuat M Rifqi Fitriadi, Ari Fahresi, petenis kakak beradik David Agung Susanto dan Anthony Susanto dengan kapten Febi Widhiyanto. Adapun petenis terbaik Indonesia saat ini, Christopher Rungkat tak dipanggil memperkuat tim lantaran baru saja mengikuti turnamen di luar negeri. Sehingga kondisinya belum memungkinkan untuk bermain bersama rekan-rekannya di pelatnas.

Kapten tim Febi Widhiyanto masih merahasiakan susunan pemain, siapa yang akan turun di nomor tunggal dan ganda. Menurut dia, masih ada waktu dua hari untuk menentukan komposisi tim yang tepat. "Kita siapkan semua, siapa yang main di single siapa yang main di double. Siapa yang paling siap turun, siapa saja bisa kita turunkan," ujar Febi Widhiyanto pada jumpa pers jelang Piala Davis di Jakarta, Rabu (11/9).

Bila melihat peringkat pemain Indonesia dengan Selandia Baru, selisihnya cukup jauh. Di Selandia Baru, ada satu andalan bernama Michael Venus yang berada di peringkat 10 dunia kategori ganda. Selain itu ada Marcus Daniell di posisi 46 dunia dan Artem Sitak di urutan 58 dunia kategori ganda. Sedangkan dua pemain lainnya, Ajeet Rai menempati peringkat tunggal 744 dunia dan 1.235 dunia (ganda) dan Rhett Purcell yang berada di posisi 922 dunia (tunggal) dan 414 dunia (ganda).

Sementara Indonesia, hanya David Agung Susanto yang memiliki peringkat paling baik dibanding rekan-rekannya. David menempati peringkat 1195 dunia untuk nomor tunggal dan 986 ganda. Adiknya, Anthony Susanto berada di urutan 1597 dunia kategori ganda. Adapun Rifqi dan Ari belum memiliki peringkat dunia.

Dapatkan perlengkapan tenis dengan harga terbaik

Meski lawan yang dihadapi secara peringkat lebih bagus, namun Indonesia tak gentar. Febi Widhiyanto dan manajer tim Indonesia Montty Giriana berharap Indonesia bisa mencuri poin di nomor tunggal. Jika melihat susunan pemain Selandia Baru, kemungkinan nomor tunggal akan dipercayakan kepada Ajeet Rai dan Rhett Purcell. Ini akan menjadi debut bagi mereka.

Adapun Indonesia, di nomor tunggal kemungkinan akan diisi David Agung Susanto yang cukup berpengalaman di Davis Cup. "Statistik mereka di atas kita dilihat dari segi peringkat. Tapi kita juga harus lihat track record mereka. Ada satu dua pemain mereka baru pertama kali ikut Davis  Cup. Jadi segi mental bisa berpengaruh," ujar Febi.

"Kita akan lawan tim tangguh. Tapi kita tidak takut. Kita harus fokus di single (untuk curi poin)," imbuh Montty.

Semua pemain juga mengaku sudah siap tampil menghadapi Selandia Baru. David Agung berharap bisa memberikan yang terbaik. Persiapannya pun juga tak ada masalah. Begitu pula Anthony Susanto yang memiliki kesiapan cukup matang karena sebelumnya telah mengikuti turnamen level nasional dan internasional. "Kalau di nomor double, mereka memang kelas dunia. Cuma namanya tenis tidak ada yang tidak mungkin," kata Anthony.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)