• KANAL BERITA

Jateng Terjunkan 30 Karateka di Piala Panglima TNI

DILEPAS: Ketua Pengprov Forki, Bambang Raya Saputra (tengah baju putih) saat melepas tim karate Jateng yang terjun di Piala Panglima TNI 2019. (suaramerdeka.com /  I Nengah Segara Seni)
DILEPAS: Ketua Pengprov Forki, Bambang Raya Saputra (tengah baju putih) saat melepas tim karate Jateng yang terjun di Piala Panglima TNI 2019. (suaramerdeka.com / I Nengah Segara Seni)

SEMARANG; suaramerdeka.com – Pengprov Forki Jateng menerjunkan 30 karateka di Piala Panglima TNI 2019 yang akan berlangsung di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, 13-16 September ini. Mereka akan bertarung di tiga kelompok umur putra dan putri, yakni kelompok Kadet (14-15 Tahun), kelompok junior (16-17 Tahun) dan kelompuk Usia 21 Tahun (U-21).

Tim yang dikawal  Suroso selaku manajer tim dilepas oleh Ketua Forki Jateng, Bambang Raya Saputra di Seketariat Forki Jateng Jl Permata Hijau AA 21 Pondok Hasanudin Semarang, Selasa (10/9). Para atlet ini didampingi tujuh pelatih dan seorang ofisial dari bidang pembinaan prestasi Pengrov, Wagino bertolak ke Jakarta Rabu (11/9) pagi.

Turnamen karate tahunan ini sudah menjadi kegiatan nasional bagi para karateka, karena selain diikuti tim dari hampir semua provinsi, juga tampil tim- tim karate dari TNI yang dikirimkan berbagai kesatuan. ‘’Betul, ini merupakan kejuaraan tingkat nasional, sehingga persaingan akan berlangsung ketat di atas matras,’’ kata Bambang Raya.

Dalam pembekalan pada tim, Bambang mengatakan, para karateka Jateng yang terpilih ini merupakan atlet terbaik di kelompok umur, dan juga telah dipersiapkan secara baik. Karena itu, dia optimistis karateka Jateng ini tidak akan mengecewakan di arena pertandingan.  ‘’Sebagai atlet kalian harus siap teknik, fisik dan mental. Karena hanya ketiga komponen ini kalian mampu menjadi juara,’’ kata Bambang yang juga didampingi Dance Ishak Palit, Wakil Ketua Forki Jateng.

Dari pantauan  suaramerdeka.com, Piala Panglima TNI 2019 ini sangat mungkin akan dijadikan sebagai ruang pemanasan bagi para karateka nasional sebelum mereka terjun di babak kualifikasi PON XX yang menurut rencana digelar di Jakarta, Oktober. Pasalnya, jika melihat perjalanan turnamen ini memang dijadikan kalender tahunan oleh PB Forki dalam memberi ruang kompetisi bagi para atlet kadet, junior maupun senior.

Maka kali ini dengan kehadiran tim Jateng bersama para pelatih, bidang pembinaan prestasi Pengprov Forki, tentu bisa untuk mengintip gambaran awal para calon pesaing di babak kualifikasi PON nanti. ‘’Ya, kami memang akan memotret semua moment di Piala Panglima TNI ini, bukan hanya calon lawan, namun juga perkembangan atlet kita untuk kemudian sebagai bahan pertimbangan dalam membentuk tim bayangan Pra-PON,’’ tambah Bambang.

Selengkapnya tim Jateng tersebut adalah: Tim Manajer: Suroso, Ofisial /Binpres Pengprov: Wagino, Pelatih: Dyah Puspitasari, Puspita Triana Gustin, Angga Firmala, Muhamad Anas, Juni Listianto, Niko Hendratno dan Febrian Gede Saputra.

Kata kadet putra: Christopher Edward, Kumite kadet putra: Denis Darmawan, Amanda Wisnu, Werda Satria, M Wafi Rochman. Kata kadet putri: Revanida. Kumite kadet putri: Bintang Zera, Gabriella Arvita. Kata junior putra: Rivaldo Adriansyah. Kumite junior putra: Bilal Syaefulloh, Galih Rizky, Ananda Vito, Rizal Eka. Kata junior putri: Lalila Nurul H. Kumite junior putri: Hanidar Setyaningrum, Chavella Teyza, Amelia, Fransisca Adelia.

Kata U-21 putra: Detrina Sabda N. Kimite U-21 putra: M Rizki, Surya Dimas, Herlan Adiyoga, Getta Syafada, Farizal Wahyu Adika. Kata U-21 putri: Aliffa Milanisty, Yodi Amara, Rigi Amelia, Naela Nidzar, Leni Emiliawati dan Hera Irnandha.


(I Nengah Segara Seni/CN26/SM Network)