• KANAL BERITA

Menangi Tunggal Putera, Zufar Raih Medali Emas

Bulutangkis O2SN di Aceh

 EMAS: Siswa SMAN 1 Semarang Muhammad Zufar (dua dari kiri) bersama kepala sekolah, Endang Suyatmi (tengah) serta guru, menunjukkan medali emas cabang bulutangkis O2NS.  (suaramerdeka.com / Royce Wijaya)
EMAS: Siswa SMAN 1 Semarang Muhammad Zufar (dua dari kiri) bersama kepala sekolah, Endang Suyatmi (tengah) serta guru, menunjukkan medali emas cabang bulutangkis O2NS. (suaramerdeka.com / Royce Wijaya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Siswa kelas 11 MIPA, SMAN 1 Semarang Muhammad Zufar Hafizh Effendi (16) meraih medali emas cabang bulutangkis putra kategori SMA pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang berlangsung di Aceh, baru-baru ini. Zufar mampu memenangi ajang O2SN dengan mengalahkan pemain asal Bali dengan dua set langsung.

Keberhasilan siswa asal Bulustalan, Kecamatan Semarang Selatan ini mampu mengangkat prestasi Provinsi Jateng yang tercatat jadi juara II, dib awah Jatim.
Jateng total meraih 15 medali emas, 11 perak, dan 18 perunggu. Satu emas dipersembahkan Zufar, yang sebelum bertanding memang menjalani pemusatan latihan di bawah arahan pelatihnya, Tahron SPd MPd, tak lain guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di sekolahnya.

"Saya bersyukur mampu meraih medali emas, pada babak final saya mengalahkan wakil dari Provinsi Bali. Menang dua set langsung, 23-21 dan 21-17," ungkap Zufar didampingi Kepala SMAN 1 Semarang Dra Endang Suyatmi L MPd di sekolahnya, Selasa (3/9).

Dapatkan perlengkapan bulutangkis dengan harga termurah

Menurut dia, kerja kerasnya latihan tiap hari membuahkan hasil maksimal. Selama berlatih, program fisik dan teknik yang diberikan pelatih dilaksanakan secara disiplin. Tantangannya, ia harus bisa membagi waktu, buat sekolah maupun latihan bulutangkis. Kedepan, dirinya ingin mengikuti ajang kejuaraan bulutangkis lainnya untuk mengasah bakat dan mental bertandingnya.

Di sisi lain, Tahron mengatakan, O2SN digelar di Aceh pada 25-31 Agustus lalu. Sebelum ke O2SN, fisik Zufar mengalami peningkatan, sehingga ia mampu tampil maksimal.   Sementara itu, Endang menegaskan, prestasi yang diraih siswanya ini membanggakan. Zufar mampu mengharumkan nama sekolah, harapannya siswa-siswa lain di sekolahnya bisa mengikuti jejak pebulutangkis asal klub, juga mampu berprestasi.


(Royce Wijaya/CN26/SM Network)