• KANAL BERITA

Jabar Optimis Bisa Pertahankan Juara Umum PON

Foto: suaramerdeka.com / Setiady Dwi
Foto: suaramerdeka.com / Setiady Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Jabar yakin mampu mempertahankan status juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua. Untuk mewujudkannya, mereka menyebut caranya adalah dengan merealisasikan patokan target 165 emas. Kebulatan tekad tersebut digelindingkan dalam Apel Besar Kontingen Jabar PON XX di halaman Gedung Sate Bandung, Rabu (14/8) kemarin.

"Itu sudah kita hitung, termasuk target yang ditetapkan. Untuk bisa mencapainya tentu saja, kita bakal kerja keras, sehingga mudah-mudahan puncaknya adalah juara umum PON," jelas Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

Kegiatan kebulatan tekad itu sendiri berlangsung meriah. Pengemasannya tampak berbeda. Tak lagi kaku sebagai sebuah seremoni tapi lebih sebagai suguhan entertain sehingga benar-benar menghibur. Sejumlah cabor menampilkan atraksi di hadapan tamu undangan di antaranya gulat, binaraga, pencak silat, dan taekwondo. Suasana pun akhirnya menjadi ramai dan menumbuhkan optimisme.

Untuk itu, Ridwan Kamil meminta pengurus KONI dan pengurus cabor dapat benar-benar memanfaatkan waktu hingga pelaksanaan ajang multi event yang tinggal tersisa setahun lagi itu. Untuk anggaran kesiapan, pihaknya pada tahun ini sudah menyiapkan Rp 40 miliar.

Di tempat yang sama, Ketua KONI Jabar Ahmad Saefuddin menyatakan gelaran apel tersebut bertujuan untuk memperlihatkan kesiapan atlet yang disiapkan menghadapi PON mendatang.  Apel itu sekaligus sebagai pengukuhan mengingat sebelumnya mereka sudah melaksanakan pelatda mandiri. Total kekuatannya sebanyak 1.446 atlet. Jumlah itu belum fix mengingat masih harus mengikuti babak kualifikasi.

"Setelah kualifikasi, kami perkirakan kekuatan inti berada di angka 900-an atlet, dan mereka adalah atlet-atlet yang sangat diunggulkan untuk meraih medali emas termasuk dalam mengamankan target 165 emas," katanya.

Dalam PON mendatang, jumlah medali emas yang diperebutkan tak kurang dari 768 keping. Jumlah pertandingan dan perlombaaan yang digelar mencapai 63 cabor. "Berdasarkan amatan kita terkini, kita masih mempunyai kekuatan armada yang unggul termasuk untuk mempertahankan status juara umum," kata Ahmad Syaefuddin.


(Setiady Dwi/CN26/SM Network)