• KANAL BERITA

Persaingan Keras di Segmen Mikrobus

MIKROBUS : Sejumlah mikrobus dipamerkan dalam ajang Gaikndo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, di ICE-BSD Tangerang, Banten (18-28/7). (suaramerdeka.com / Diaz Abidin)
MIKROBUS : Sejumlah mikrobus dipamerkan dalam ajang Gaikndo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, di ICE-BSD Tangerang, Banten (18-28/7). (suaramerdeka.com / Diaz Abidin)

PERSAINGAN segmen komersial van, semakin seru. Pasar tidak hanya akan diisi Isuzu Elf, Hino Dutro 110 SDBL, dan Toyota Hiace. Nissan Urvan siap mengancam dominasi tiga pemain lawas itu. Ceruk pasar segmen ini memang semakin terbuka lebar. Kecenderungan masyarakat yang menyukai perjalanan wisata, membuat kebutuhan moda transportasi seperti micro bus ini semakin meningkat.

Modelnya yang tidak kecil, dan tidak besar, alias tanggung ini ideal untuk mengangkut rombongan dalam jumlah belasan orang saja. Di sisi lain, pesatnya bisnis biro travel dan rental, membuat segmen mobil ini tetap tumbuh. Microbus 110 SDBL ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan transportasi dan pariwisata yang dapat bermanuver secara lincah dan mampu menjangkau tempat wisata yang berakses jalan sempit. Microbus memiliki kapasitas penumpang lebih banyak hingga 19 tempat duduk.

‘’Kami memiliki semangat “continuous improvement. Untuk itu Hino terusmeningkatkan efisiensi kendaraan untuk terus menjadi lebih baik,’’kata Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur Hino Motors Sales Indonesia.

Mengenai dapur pacu, Hino Dutro 110 SDBL disematkan dengan mesin W04D-TP. Mesin ini memiliki spesifikasi tenaga 110 ps pada putaran mesin 2.800 rpm dan torsi puncak 29 kgm pada 1.800 rpm.

Model yang dipamerkan di booth Hino selama GIIAS 2019, memiliki body Jetbus 3 Jumbo dengan dimensi panjang 6.600 mm, lebar 1.859 mm, dan tinggi 2.590 mm. Dengan dimensi rangka lebih panjang membuat kapasitas penumpang menjadi lebih banyak hingga 19 tempat duduk.

Dapatkan pelengkapan Otomotif dengan harga terbaik

Selain tempat duduk yang lebih nyaman, micro bus yang dirakit karoseri asal Malang Adi Putro, juga mendesain bodi micro bus dengan ruang bagasi yang lebih luas dan menjadi salah satu solusi transportasi, terutama pada pariwisata dalam mengangkut barang yang banyak. Kapasitas bagasi disebut mampu mengisi hingga 21 koper dengan ukuran yang diperbolehkan dalam kabin pesawat.

‘’Microbus 110 SDBL, merupakan salah satu best fit product Hino bagi customer setianya, bus ini banyak digunakan oleh para pengusaha travel karena efisien dan nyamanbagi penumpang, terlebih lagi dengan bagasi yang luas, membuatnya selalu jadi andalan pariwisata,’’  kata Direktur Penjualan dan PromosiPT Hino Motors Sales Indonesia, Santiko Wardoyo.

Versi standar Jetbus 3 Jumbo memiliki fitur sistem hiburan LEC TV 20 inci, tempat duduk 14–19, variasi panel kayu, colokan USB dan berbagai fitur lainnya. Chassisnya yang panjang membuat microbus ini mampu menyediakan ruang bagasi lebih lapang dan bisa menjadi solusi terbaik untuk transportasi, terutama untuk pebisnis travel atau angkutan pariwisata untuk membawa barang bawaan traveler dalam jumlah banyak.


(Diaz Abidin, Eko Adi N/CN26/SM Network)