• KANAL BERITA

Dua Pecatur Indonesia Pimpin Klasemen Sementara

Japfa GM dan WGM Tournament 2019

FOTO BERSAMA: Seluruh pecatur yang ambil bagian dalam turnamen catur internasional JAPFA GM dan WGN Tournament 2019 foto bersama dengan Ketum PB Percasi Utut Adianto dan tamu undangan lainnya usai pembukaan turnamen di Hotel Inna Garuda Yogyakarta. (suaramerdeka.com / Gading Persada)
FOTO BERSAMA: Seluruh pecatur yang ambil bagian dalam turnamen catur internasional JAPFA GM dan WGN Tournament 2019 foto bersama dengan Ketum PB Percasi Utut Adianto dan tamu undangan lainnya usai pembukaan turnamen di Hotel Inna Garuda Yogyakarta. (suaramerdeka.com / Gading Persada)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Sejumlah pecatur Indonesia tampil gemilang pada babak-babak awal turnamen catur internasional, Japfa GM-WGM Tournament 2019 yang berlangsung di Hotel Inna Garuda Yogyakarta. Bahkan dua pecatur tuan rumah yakni GM Susanto Megaranto dan WIM Chelsie Monica Ignesias Sihite mampu memimpin klasemen sementara di hari pertama pembukaan (13/6).

Pada babak pertama, Susanto sukses mengalahkan unggulan kedua GM Ivan Sokolov (Belanda) yang punya elorating 2595. Langkah gemilangnya, dijejaki rekannya di bagian putri yakni Chelsie yang mampu menumbangkan unggulan pertama IM Sophie Millet (Prancis/ 2415).

Bagi Susanto yang di turnamen ini menempati rangking ketiga karena memiliki elo rating 2548, kemenangan atas Ivan Sokolov membawanya untuk sementara memimpin klasemen di babak pertama dengan raihan satu poin. “Mengalir saja karena tak ada target juga di sini. Lawan berat dari pecatur Rusia,” imbuh Susanto, kemarin.

Hasil apik yang diraih Susanto ini mampu diikuti tiga pecatur Indonesia lainnya yang meraih hasil remis atau imbang. Satu dari tiga pecatur tanah air yang meraih hasil positif lainnya yakni IM Primasworo Novendra yang bermain remis dengan unggulan teratas yang memiliki elo rating 2609, GM Dmitry Kokarev asal Rusia. Dua pecatur Indonesia lainnya yang meraih remis yakni, IM Yoseph Theolifus Taher yang bermain remis dengan IM Das Arghyadip (India) dan IM Sean Winshand Cuhendi yang mampu menahan imbang IM Raji Teja S (India).

Sayang, hasil baik empat pecatur tuan rumah ini tak diikuti dua pecatur lainnya yakni, WGM Media Warda Aulia yang kalah dari GM Rustam Khusnutdinov (Kazakhstan) dan FM Azarya Jodi Setyaki yang kalah dari IM Raghunandan Kaumandur S (India).

Di bagian putri, wakil-wakil Indonesia juga tampil gemilang pada babak pertama. Seperti ditunjukkan  WIM Chelsie Monica Ignesias Sihite yang menempati unggulan ketujuh berdasarkan elo rating, mampu menumbangkan pemilik elo rating tertinggi di turnamen ini, IM Sophie Milliet (Prancis). Kemenangan juga didapat pecatur putri Indonesia, WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra yang menang atas rekan senegaranya WFM Monica Putri W.

Untuk hasil laga lainnya di kelompok putri, WGM Keti Tsatsalashvili (Georgia) menang atas WFM Zahra Chumaira (Indonesia), WGM Gong Qianyun (Singapura) diimbangi WFM Umi Fisabililah (Indonesia), IM Alina L'ami (Romania) menang atas WFM Tammi Nasuha N (Indonesia), WIM Luong Phong Hanh (Vietnam) menang atas WIM Rucha Pujarti (India).

“Hadirnya GM dengan elo rating tinggi, seperti GM Kokarev dan GM Ivan Sokolov, diharapkan pecatur tanah air bisa belajar banyak di setiap pertandingannya,” sambung Ketum PB Percasi Utut Adianto.

Corporate Affairs Director Japfa Rachmat Indrajaya menambahkan turnamen ini merupakan wujud komitmen JAPFA untuk mencari dan memupuk bibit unggul catur Indonesia demi meraih gelar Grand Master (GM).


(Gading Persada /CN26/SM Network)