• KANAL BERITA

Sleman Temple Run Kejar 1.000 Peserta

Foto: slemantemplerun.com
Foto: slemantemplerun.com

SLEMAN, suaramerdeka.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman dan Trail Runner Yogya kembali menyelenggarakan Sleman Temple Run. Event semi-trail run yang diadakan untuk kali kelima ini memperlombakan tiga kategori yaitu 7 K, 13 K, dan 25 K.

Start dan finish akan dilaksanakan di kawasan Candi Banyunibo pada 14 Juli mendatang. "Sleman Temple Run adalah satu-satunya event semi-trail run di dunia yang melintasi candi. Umumnya, trail run melintasi rute gunung, hutan, dan sungai," kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Sleman Eka Priastana Putra, Jumat (14/7).

Berbeda dengan event terdahulu, kali ini peserta akan diajak masuk ke kawasan lokasi candi, tidak sekedar melintasinya saja. Sampai dengan kemarin tercatat lebih dari 700 peserta telah mendaftar. Sebagian besar merupakan pelari dalam negeri. Sekitar 14 orang berasal dari mancanegara diantaranya Amerika, Jerman, Perancis, Belanda, Swedia, Kolombia, Korea Selatan, Singapura, dan Kenya.

Perlombaan ini menargetkan 1.000 peserta. Upaya promosi terus digencarkan melalui media sosial maupun media luar ruang seperti baliho dan videotron. Perwakilan komunitas Trail Runner Yogya, Ramdan Krisnawan menambahkan, tahun ini panitia membuka tiga kategori, beda dengan tahun sebelumnya yang hanya memperlombakan dua kategori. "Kami siapkan trek tujuh kilometer dengan harapan bisa menarik minat masyarakat yang ingin mencoba trail run," ungkapnya.

Untuk kategori 25 K, total elevasi yang dilintasi peserta adalah 1.000 meter. Variasi medannya meliputi 20 persen trek trail, 30 persen trek aspal, dan sisanya berupa trek dengan cor blok. Kategori 13 K, keseluruhan elevasinya 500 meter dengan variasi medan sama dengan kategori 25 K. Sedangkan pelari 7 K akan melalui elevasi dengan total 300 meter.

Sepanjang rute, pelari akan disuguhi keindahan Candi Banyunibo, Candi Ijo, Candi Barong, Candi Miri, Kraton Ratu Boko, Sojiwan, dan hamparan landscape kawasan timur Sleman yang memukau. Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain water station, portabel toilet, fisioterapi, dan area photobooth.


(Amelia Hapsari/CN26/SM Network)