• KANAL BERITA

Taekwondo Jateng Programkan Try Out Jelang Pra-PON

>RAPAT KOORDINASI :<P> Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia (TI) Jateng, Alex Harijanto (kiri) bersama Pelatih Tim Taekwondo Jateng, Hari Suprianto berfoto bersama usai melakukan rapat koordinasi di Hotel Chanti Semarang. (suaramerdeka.com / M Alfi Makhsun)
>RAPAT KOORDINASI :<P> Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia (TI) Jateng, Alex Harijanto (kiri) bersama Pelatih Tim Taekwondo Jateng, Hari Suprianto berfoto bersama usai melakukan rapat koordinasi di Hotel Chanti Semarang. (suaramerdeka.com / M Alfi Makhsun)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia (TI) Jawa Tengah terus menggenjot persiapan atlet, agar bisa meraih prestasi di Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra-PON) Papua yang rencana digelar Desember 2019 ini. Satu diantaranya dengan memprogramkan tiga <I>try out<P> yang akan dilakukan mulai Juli nanti.

Pelatih Tim Taekwondo Jateng, Hari Suprianto mengatakan, para atlet sudah mulai efektif berlatih dan fokus untuk Pra-PON Papua sejak Januari kemarin. Sebanyak 42 atlet yang tersaring dari berbagai jenjang kelas juga sudah menggelar uji coba di Magelang pada 1 Mei lalu.

''Sebelum menjalani  try out , kami sudah melakukan uji coba dengan Pelatda Jawa Timur, DI Yogyakarta, dan Bali di Magelang awal bulan ini. Hasil dari latih tanding itu bagus dari segi fisik danteknik. Mereka kemampuannya masih di atas ketiga daerah itu. Bahkan dalam nilai tanding, atlet Jateng nilainya menang dengan selisih yang cukup baik dari lawan,'' kata Hari usai melakukan rapat koordinasi dengan Pengprov TI di Hotel Chanti Semarang, Rabu (15/5).

Selama Ramadan ini, para atlet juga rutin berlatih di Dojo Taekwondo Gelora Jatidiri Semarang. Dari 42 atlet, dia sudah menyaring 29 atlet senior. Jumlah itu nantinyaakan dikerucutkan lagi menjadi 24 atlet terpilih yang akan dikirim bertanding di Pra-PON Papua.

''Kami membidik tiga kali  try out  yakni ke Jakarta, Jawa Barat, dan satu ke luar negeri yakni ke Korea Selatan sebelum gelaran PON. Selain itu kami juga akan menggembleng atlet dalam kejuaraan nasional seperti di Magelang Open pada 5-7 Juli dan sekali saat di Korea Selatan,'' papar Hari.

Rencana tersebut dibenarkan Ketua Pengprov TI Jateng, Alex Harjanto. Khusus untuk  try out ke Korea Selatan, pihaknya berencana melakukan selama empat pekan.  Alex berharap  try out  itu bisa terlaksana dengan dukungan dari pemerintah. Sebab, pihaknya menargetkan 24 atlet yang akan dikirim ke Pra-PON nanti bisa lolos semua ke PON Papua 2020.

''Kami sangat senang saat ini perhatian dari KONI Jateng maupun Dinporapar Jateng sudah membaik kepada cabor di Jateng. Satu diantaranya dengan adanya pembianyaan Popda SMA dan SMP dari KONI beberapa waktu lalu. Kami harap hal ini terus berlanjut kepada persiapan  try out  ini. Sebab semua atlet taekwondo all out untuk Jateng dan setia untuk mengharumkan nama pada provinsi ini,'' ungkap Alex.

Dia juga berharap dana talangan pengprov yang selama ini dikeluarkan untuk pembinaan atlet juga bisa segera diganti. Agar proses pembinaan bisa terus berlanjut.  ''Kuncinya semua ini juga ada di Pak Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Kami berharap untuk pembinaan prestasi olahraga Jateng ini semua bisa terealisasi. Dengan adanya dukungan dari pemerintah kami tinggal lepas landas menuju target yang dicanangkan,'' tandas Alex.


(M Alfi Makhsun/CN26/SM Network)