• KANAL BERITA

Pebalap Solo Asah Cross Country di Kawasan Pedaringan

CROSS COUNTRY: Pembalap sepeda Solo Annisa Destein Cindy Qiawaty memacu sepedanya di jalur cross country kompleks Solo Techno Park kawasan Pedaringan. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)
CROSS COUNTRY: Pembalap sepeda Solo Annisa Destein Cindy Qiawaty memacu sepedanya di jalur cross country kompleks Solo Techno Park kawasan Pedaringan. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka.com - Sirkuit cross country atau MTB di area Solo Techno Park (STP) kawasan Pedaringan, Jebres menjadi pilihan Pengkot Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) untuk mempersiapkan pembalapnya. Atlet remaja Annisa Destein Cindy Qiawati dan Shindu Ardiyanto bakal ditempa mematangkan performa nomor cross country di lintasan yang menjadi venue balap sepeda MTB pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng XV/2018 itu.

‘’Kami segera cek lagi kondisi lapangan terakhir saat ini. Sebab lintasan yang dulu sepertinya kini ditumbuhi semak dan rumput tinggi. Pengurus ISSI sudah minta izin ke pengelola STP untuk meminjamnya,’’ kata pelatih tim balap sepeda Solo, Agus Sadiyanto, Rabu (15/5).

Sebagian semak-semak yang menutup jalur adu kebut sepeda off road tersebut dipotong. Beberapa jalur baru di sejumlah titik juga dibuka guna menambah tantangan pada jalur. Lintasan cross country bersifat fleksibel, artinya tidak harus terukur dan dibuat secara khusus. Rute atau lintasan bahkan bisa melewati sungai, tanjakan dan turunan.

Rute-rute ekstrem sangat memungkinkan diterapkan. Hal itu demi meningkatkan kemampuan fisik dan penguasaan medan sulit bagi para atlet yang diproyeksikan untuk menghadapi Pra-PON 2020. ‘’Memang tidak ada jalur khusus untuk MTB. Tak ada rute permanen, sehingga relatif mudah jika memang harus membuat jalur baru. Apalagi kepentingannya untuk latihan,’’ ujar Agus.

Selama ini, dua atlet remaja Kota Bengawan disiapkan lebih intensif. Cindy sudah pasti masuk dalam tim inti balap sepeda Jateng, setelah menjadi juara di nomor individual time trial (ITT) dan cross country putri dalam selekda di Baturaden, Purwokerto, beberapa bulan lalu. Sementara Shindu yang menempati urutan ketiga cross country, berstatus sebagai atlet cadangan.

‘’Berdasarkan surat edaran dari PB ISSI, Pra-PON untuk ITT dan nomor-nomor lain jalan raya akan digelar di Banyuwangi, Jatim, 11-14 Juli mendatang. Sedangkan MTB di Lubuk Linggau (Sumsel) pada 18-20 Juli 2019. Sebagai persiapan, tentunya ada TC pelatda Jateng bagi para pembalap,’’ ungkap Agus.


(Setyo Wiyono/CN26/SM Network)