• KANAL BERITA

Serunya Ikut Balap Aerox Fun Race di YCR Boyolali

suaramerdeka.com saat ikut balapan di YCR Boyolali kelas YCR 12 atau Aerox 155cc Standar Open. (Foto: dok)
suaramerdeka.com saat ikut balapan di YCR Boyolali kelas YCR 12 atau Aerox 155cc Standar Open. (Foto: dok)

BOYOLALI, suaramerdeka.com  – Setelah sukses diadakan ditahun pertamanya, Aerox Fun Race kembali hadir untuk menyapa para pecinta balap motor matik di tanah air. Menjadi bagian dalam seri perdana gelaran 30thYamaha Cup Race 2019 yang berlangsung di Sirkuit Permanen Gokart, Boyolali, Jawa Tengah (27-28 April) kemarin. Bahkan Yamaha Indonesia secara khusus membuka 1 kelas Aerox 155cc Standar Open (YCR12)dari total 13 kelas yang tersaji.

Jika pada tahun sebelumnya Aerox Fun Race hanya dapat diikuti oleh komunitas pengguna motor Yamaha, tahun ini kompetisi balap matik tersebut akan dibuka secara umum bagi semua kalangan bahkan perwakilan media pun diperbolehkan ikut. Dan salah satunya penulis sendiri yang mewakil isuaramerdeka.com. Tentu hal ini memenuhi tingginya animo serta antusiasme masyarakat.

Dengan demikian, baik komunitas, local racer maupun masyarakat umum biasa dapat memiliki kesempatan untuk memacu performa mesin motor Aerox 155 diatas lintasan sirkuit.

Total sebanyak 19 starter mengikuti rangkaian balap Aerox Fun Race yang diawali dengan sesi Free Practice (FP) dan Qualifying Practice (QP) di hari Sabtu (27/4), dan kemudian dilanjutkan dengan sesi Warm up serta Race pada Minggu (28/4).

Tentu YCR ini sangat menyenangkan karena motor disediakan oleh Yamaha jadi peserta hanya tinggal pakai unit Aerox yang sudah di modifikasi untuk balap. Tentunya dengan perlengkapan balap yang aman baik dari baju balap hingga semuanya, aspek Safety jadi prioritas utama.

Suaramerdeka.com sendiri memulai kegiatan balap ini sejak sesi latihan bebas hari Sabtu dan Race Day pada Minggu nya dan  start dari posisi 15. Enaknya lagi para peserta mendapat Coaching Clinik dari pembalap dunia yakni Galang Hendra untuk mempelajari layout sirkuit. Ilmu yang di peroleh ini tentu sangat berguna untuk menentukan Racing Line saat di sirkuit.

Meski diawali crash beberapa peserta sesaat setelah start di tikungan pertama namun penulis bisa finish posisi ke 13. Banyaknya tikungan ke kiri membuat lebih seru balapan kali ini yang arah balapnya adalah berlawanan jarum jam (anti clock wise). Pastinya ajang YCR Boyolali menjadi pengalaman yang berharga baik buat penulis maupun peserta lainnya.

“Sebagai Motor Maxi Yamaha yang mengangkat konsep ‘Personal Sport Scooter’ kehadiran Aerox Fun Race merupakan wujud apresiasi Yamaha kepada para konsumen agar mereka dapat mengekspresikan kesenangannya dalam memacu motor Aerox di lintasan sirkuit dan merasakan sensasi balap professional di gelaran akbar 30th Yamaha Cup Race 2019,” ungkap Yordan Satriadi selaku Deputy GM Marketing, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Setelah kota Boyolali, selanjutnya Aerox Fun Race akan kembali dihelat pada YCR Seri 2 di Sumatera, YCR seri 5 di Kalimantan, serta YCR seri 8 di Jawa yang sekaligus menjadi seri pamungkas (penutup) dari 30th Yamaha Cup Race 2019. 


(Heru Fajar/CN39/SM Network)