• KANAL BERITA

Sensasi Kemewahan dan Kenyamanan All New Ertiga

NEW ERTIGA: Mobil MPV New Ertiga, dilengkapi side beam impact untuk keamanan berkendara juga tidak pelit fitur di dalamnya. (suaramerdeka.com / Irawan Aryanto)
NEW ERTIGA: Mobil MPV New Ertiga, dilengkapi side beam impact untuk keamanan berkendara juga tidak pelit fitur di dalamnya. (suaramerdeka.com / Irawan Aryanto)

SEJAK  kemunculannya kali pertama, All New Ertiga Suzuki telah mencuri perhatian dengan desain eksterior yang sama sekali berbeda dari pendahulunya. Kesan mewah itu langsung hadir pada pandangan pertama. Begitu menggoda. Impresi itu hadir dari new front chrome gril design, projector headlamps, bumper yang lebih futuristik, serta buritan yang atraktif dengan lampu belakang LED.

Lansiran terbaru dari Suzuki Indomobil ini tampil progresif dengan grille depan yang dibuat halus, lebih tinggi dan lebar dengan sentuhan aksen kombinasi hitam dan krom yang menampilkan kesan kuat sekaligus elegan. Bumper depan tampak lebih tinggi dan lower grille berintegrasi dengan fog lamps sehingga wajah All New Ertiga, memberi kesan lebih berani.

Selain itu, eksterior All New Ertiga juga dipercantik dengan  garis bahu yang dinamis, lekukan yang lebih dalam dan bodi yang aerodinamis. Layaklah jika kemudian pabrikan Suzuki menyebutnya sebagai sebuah urban MPV dengan tampilan premiun dan stylish.

Kemewahan itu masih berlanjut ketika memasuki kabin. Terpaparlah ruang yang lapang, lega, serta modern. Impresi kemewahan itu hadir di antaranya dari dashboard dengan detail panel kayu yang ekslusif. Kemudi berbalut kulit yang mudah disesuaikan dengan posisi pengemudi (till stering), head unit touchscreen yang bisa terkoneksi dengan bluetooth,serta cluster AC digital elegan yang dilengkapi climate & heater. "Penumpang bisa merasakan kenyamanan seperti ruang keluarga yang lega, lapang, dan modern," ujar Dewiq, sales counter PT Sejahtera Sunindo Trada.

Tetapi kemewahan  itu, tidak berarti banyak jika sisi kenyamanan dan keamanan berkendara tidak terjamin. Begitulah, selepas melumat habis mobil displai di ruang pamer, dan mobil test drive sudah tersedia di halaman depan dealer yang terletak di penggal Jalan Pemuda itu, tim Adrenalin Suara Merdeka, segera ingin mengajaknya keliling Kota Semarang. Merasakan akselerasi dari mobil penggerak roda depan menjadi menu wajib, dan yang tak kalah menarik adalah merasakan keempukan suspensinya.

Sayang sekali, tim Adrenalin tak leluasa menguji akselarasinya; sebab jalanan Semarang terlalu padat. Pilihan satu-satunya adalah menguji suspensinya, yang menurut Dewiq dan Mutakin dari tim marcmom PT Sejahtera Sunindo Trada, Al New Ertiga berada di atas pesaingnya di kelas MPV.

Suspensi Empuk

Mobil dengan push start/stop button, key less entry, serta immobilizer itu, dipacu menuju Jalan Puri Anjasmoro. Jalan paving bergelombang lumayan dalam itu, menjadi medan uji untuk merasakan kenyamanannya. Rel lintasan kereta api dua jalur pun dilibas tanpa goncangan yang berarti. Bahkan kenyamanannya dirasakan hingga kursi  baris ketiga. "Wuih senyap banget," seru fotografer tim Adrenalin, Irawan.

Suspensi yang empuk itu, menurut Mutakin, kombinasi dari teknologi Heartect, sistem suspensi depan McPherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang Torsion Beam with Coil Spring. Jika suspensi depan McPherson Strut mampu meredam guncangan secara signifikan saat berada di jalanan yang rata maupun bergelombang, suspensi belakang Torsion Beam menjaga kestabilan All New Ertiga saat berbelok dalam kecepatan tinggi. "Sehingga baik pengemudi maupun penumpang tetap nyaman berada di dalam All New Ertiga," jelas dia.

Selain itu All New Ertiga juga memiliki Hill Hold Control yang mencegah mobil mundur saat berada di permukaan yang miring, serta Anti-lock Braking System mencegah penguncian roda saat terjadi pengereman mendadak di jalanan yang licin, serta Eletronic Brake force Distribution yang membagi besarnya gaya pengereman pada masing-masing roda sesuai beban dan kondisi pada roda. Dengan mesin berkode K15B, 1.500 cc, All New Ertiga tampil responsif di berbagai medan dan tetap irit BBM.


(Irawan Aryanto, Diaz Abidin/CN26/SM Network)