• KANAL BERITA

Atlet Atletik Jateng Sumbang Dua Perak Bagi Indonesia

Special Olympics World Games 2019

KALUNGKAN MEDALI: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berjabat tangan dengan atlet Indonesia asal Jateng, Zalwa Devaningtyas setelah mengalungkan medali perak dalam ajang Special Olympics World Games 2019 di Abu Dhabi. (suaramerdeka.com / dok)
KALUNGKAN MEDALI: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berjabat tangan dengan atlet Indonesia asal Jateng, Zalwa Devaningtyas setelah mengalungkan medali perak dalam ajang Special Olympics World Games 2019 di Abu Dhabi. (suaramerdeka.com / dok)

ABU DHABI, suaramerdeka.com - Atlet asal Jawa Tengah di cabang olahraga atletik Special Olympics World Games 2019 Abu Dhabi, Zalwa Devaningtyas berhasil mempersembahkan dua medali perak bagi Indonesia, Rabu (20/3) . Medali perak yang diraih dara kelahiran Surakarata 9 Desember 2002 ini, dari nomor lari 100 meter dengan catatan 14.27 detik. Lalu medali perak kedua diraih dari nomor lompat jauh.

Keberhasilan ini disambut baik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah karena atletnya bisa mengharumkan nama bangsa. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Sinung N Rachmadi setelah mendengar kabar keberhasilan itu. ''Prestasi Ini luar biasa. Atlet kami, Zalwa mendapatkan medali perak di ajang International. Artinya, atlet Jateng mampu mengharumkan nama bangsa," kata Sinung.

Pria yang baru dua bulan menjabat sebagai Kadinporpar Jateng ini sebelumnya getol turut menjenguk saat persiapan Pelatnas yang dilakukan Zalwa di Kompleks Rawamangun Jakarta. Sinung juga selalu mendorong Zalwa dan rekan-rekannya untuk tidak gentar melawan atlet dunia lainnya. Sebab mereka adalah duta bangsa Indonesia di bidang olahraga saat ini.

''Mereka ini  bukan wakil papah dan mamahnya saja, tapi mewakili Indonesia. Saya sangat optimistis Zalwa dan rekan-rekannya bisa mengibarkan Sang Merah Putih setinggi langit,'' lanjut mantan Kasatpol PP Jateng berjuluk Sang Motivator dijajarannya itu.

Sinung juga menyebut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga selalu mendorong para atlet untuk berprestasi. Termasuk atlet berkebutuhan khusus seperti dalam Special Olympics ini. Keberpihakan Pemprov Jateng dalam olahraga khususnya kepada atlet berkebutuhan khusus disebut Sinung adalah bukti penerapan konsep negara hadir melayani warganya. Khusunya dalam mengembangkan potensi diri di bidang olahraga.

''Makin sering kita ikut sertakan dalam  event , maka atlet kita akan menemukan bentuk diri dan menempa pengalaman tanding. Hal ini sekaligus pembentukan karakter untuk tidak mudah menyerah. Itu penting,'' tandas alumnus Universitas Gajah Mada ini.

Rencannya Zalwa akan diberikan beasiswa saat tiba di Indonesia nanti. Siswa kelas X SLB Surakarta ini juga diharap bisa menginspirasi atlet lain untuk meraih prestasi. ''Tidak lah penting berapa kali mereka kalah, karena yg penting adl berapa kali mereka mau bangkit disetiap kegagalannya,'' lanjutnya.


(M Alfi Makhsun/CN26/SM Network)