• KANAL BERITA

Sebelum ke Doha, Ivana Bakal Tanding di Sejumlah Perlombaan

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Atlet equestrian (berkuda) asal Jawa Tengah, Ivana Putri Santosa (15) bakal melakoni tanding sejumlah perlombaan di tanah air sampai akhir Maret, sebelum laga AEF di Doha. Selain untuk mengasah kemampuan, dia berharap beberapa laga "uji coba" tersebut semakin menguatkan mentalnya.

"Sudah lolos dari seleksi nasional saja sudah sangat membanggakan. PR saya kali ini adalah mental karena ini pertandingan internasional saya pertama kali. Saya berharap dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia khususnya Jawa Tengah semoga bisa mengibarkan merah putih di sana," kata gadis yang berulang tahun pada 18 Januari itu.

Berbincang soal kuda dengan para jagonya, membuat Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo seperti kembali pada masa kecilnya karena bapaknya sempat memiliki kuda. Menurut Ganjar, hal terbesar yang mesti dimiliki oleh atlet berkuda adalah kemampuannya berkomunikasi dengan tunggangannya. "Apalagi nanti Ivana tidak menunggangi kuda miliknya. Artinya kemampuannya berkomunikasi dengan kuda yang baru harus benar-benar dioptimalkan," katanya.

Tentu harapan setiap warga negara Indonesia jika melihat atletnya berlaga di kancah internasional adalah kemenangan. Namun menurut Ganjar yang lebih penting adalah bangunan mental agar bisa menang dan lawan tidak merasa kalah. "Di dada ini harus ada tekad yang selalu terucap 'harus menang harus menang harus menang', itu sebagai motivasi. Semoga merah putih bisa berkibar di Doha," katanya.

Ivana sendiri bakal mewakili Indonesia berlaga di Final Asian Equestrian Federation (AEF/Federasi Equestrian Asia) U-21 Dressage Championship di Doha, Qatar, 3- 5 April mendatang.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)