• KANAL BERITA

18 Trofi Kuluk Raja Jogja Diperebutkan

Turnamen Golf Coronation Cup 2019

TROFI: Dirut BPD DIY Santoso Rohmad (dua dari kanan) dan Ketua Panitia Coronation Cup 2019 Yoseph Junaidi menunjukkan trofi Turnamen Golf Memperingati Jumenengan Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kantor Pusat BPD DIY, Rabu (13/3). (suaramerdeka.com / Gading Persada)
TROFI: Dirut BPD DIY Santoso Rohmad (dua dari kanan) dan Ketua Panitia Coronation Cup 2019 Yoseph Junaidi menunjukkan trofi Turnamen Golf Memperingati Jumenengan Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kantor Pusat BPD DIY, Rabu (13/3). (suaramerdeka.com / Gading Persada)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Turnamen golf memperingati 30 Tahun Jumenengan Sri Sultan Hamengku Buwono X bertajuk Coronation Cup akan berlangsung di Merapi Golf, Kaliurang, 15-17 Maret ini. Total sebanyak 18 trofi diperebutkan pada ajang dengan total hadiah mencapai Rp 9 miliar itu.

"Sebanyak 18 trofi nanti diperebutkan dimana kami ada empat kelas pertandingan yang setiap kelasnya kami sedikan empat tropi. Nah, tropi sisa itu merupakan tropi bergilir masing-masing untuk over all best gross dan over all best nett," papar Ketua Panitia Coronation Cup 2019 Yoseph Junaidi saat sesi jumpa pers di Kantor Pusat BPD DIY, Rabu (13/3).

Yoseph menjelaskan, trofi yang akan diperebutkan tersebut cukup unik. Pasalnya, di atas sebuah landasan berbentuk bujur sangkar terdapat sebuah mahkota atau kuluk raja Yogyakarta. "Trofi ini istimewa karena berbentuk mahkota raja," imbuh dia.

Hingga saat ini sudah lebih dari 400an peserta yang ambil bagian. Jumlah itu cukup merata baik dari seluruh Pulau Jawa hingga, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera dan Bali. Bahkan ada juga sejumlah ekspatriat yang sudah menyatakan keikutsertaannya pada turnamen yang seperti dari Korsel dan Jepang.

"Even ini ternyata mampu menarik minat peserta. Seperti dari Kalimantan misalnya, dahulu ada 13 peserta sekarang mencapai 30 peserta. Lalu Sulawesi dari empat peserta sekarang tercatat 20 peserta. Ini cukup bagus bagi dunia pariwisata Jogja karena mereka tentunya menginap di sini dan mendongkrak okupansi hotel juga," jelasnya.

Tak hanya dari bentuk tropi yang unik dan istimewa, dari hadiah pun sangat mewah dan menggiurkan. Empat mobil mewah disediakan setiap harinya di setiap titik hole in one. Bahkan ada juga doorprize harian yang setiap harinya sebesar Rp 50 juta disediakan untuk peserta. "Untuk hole in one itu ada di hole 4 hadiahnya Mercedez Benz, lalu hole 8 ada CRV Turbo. Kemudian hole 11 ada Alphard, hole 16 itu Fortuner," sebutnya.

Junaidi menambahkan dilangsungkannya agenda ini merupakan titah langsung dari sang raja. Apalagi Sri Sultan selama ini, memang dikenal sebagai pecinta dan rutin menggeluti olahraga golf. "Permintaan dari Ngarsa Dalem. Karena ini event khusus, memperingati 30 tahun jumenengan, beliau minta supaya acaranya dibesarkan. Terlebih juga tidak jauh dari hari ulang tahun Beliau ke 70," papar dia.

Sementara itu Direktur Utama (Dirut) BPD DIY, Santoso Rohmad menambahkan Coronation Cup 2019 merupakan event istimewa bagi DIY. Sebab, agenda ini akan memberi dampak cukup signifikan untuk sektor ekonomi. "Untuk BPD DIY yang ikut tentunya saya dan paling tidak nanti teman teman pimpinan cabang juga ambil bagian. Bukan untuk mengejar prestasi tapi lebih pada mengembangkan networking," tandas Santoso.


(Gading Persada /CN26/SM Network)