• KANAL BERITA

Sembilan Perenang Solo Bakal Bersaing pada Kejurprov di Batang

TINGKATKAN KEMAMPUAN: Sejumlah perenang Solo meningkatkan kemampuan diri dalam latihan di kolam renang Tirtomoyo Manahan. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)
TINGKATKAN KEMAMPUAN: Sejumlah perenang Solo meningkatkan kemampuan diri dalam latihan di kolam renang Tirtomoyo Manahan. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka.com - Sembilan perenang bakal diturunkan Pengkot Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Solo dalam Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Kelompok Umur di Batang. Mereka akan untuk memburu medali emas pada ajang yang rencananya diselenggarakan di Kolam Renang THR Kramat Batang, Sabtu-Minggu (16-17/3) mendatang.

‘’Kami membidik dua medali emas pada kejuaraan yang infomasinya diselenggarakan sekaligus dalam rangka pembukaan kolam renang baru itu,’’ kata Ketua Pengkot PRSI Solo, Devy Rachyuanto, Rabu (13/3).

Sembilan atlet Kota Bengawan yang akan bersaing tersebut antara lain Theona Callysta (kelahiran 2009/10 tahun), Athar Ajendra (2008/11 tahun), Cahya Nirwaningsih (2007/12 tahun), Eljire Selig Jaya (2006/13 tahun) dan Afandi Abyan Atha (2006/13 tahun).

Selain itu Alya Assyifa Amalia (2005/14 tahun), Amelia Kartika Putri (2003/16 tahun), Henza Maheswara Pandya (2003/16 tahun), serta Roma Arda’u Sonta (2001/18 tahun). ‘’Para atlet tersebut berasal dari beberapa klub renang Solo, antara lain Bintang Timur, Almagari dan Elite,’’ tutur Devy.

Dia menambahkan, para atlet tersebut sama-sama memiliki peluang untuk menyodok ke peringkat tiga besar pada masing-masing kelompok umurnya. Kendati demikian, persaingan perebutan medali diprediksi berlangsung ketat, karena para perenang dari berbagai daerah se-Jateng sama-sama memiliki ambisi untuk meraih gelar juara di ajang tersebut.

‘’Sayangnya, kejuaraan itu bebarengan dengan persiapan ujian tengah semester (UTS) sekolah, sehingga kami tidak bisa menurunkan kekuatan penuh. Rata-rata perenang adalah pelajar, jadi sebagian besar memilih konsentrasi ke UTS,’’ ujarnya.

Kendati demikian, pria yang sudah puluhan tahun berkecimpung dalam kancah renang itu memiliki andalan perenang dalam memburu medali. Beberapa atlet yang menurutnya bisa menjadi tumpuan di antaranya Amelia Kartika dan Roma Arda’u. ‘’Kedua atlet itu merupakan awak tim Porprov Solo. Amelia akan turun di beberapa nomor, gaya kupu-kupu, bebas, dada dan ganti perorangan, sementara Arda’u bakal bersaing di arena gaya bebas dan kupu-kupu,’’ ungkap Devy.


(Setyo Wiyono/CN26/SM Network)