• KANAL BERITA

UII Rancang Lahirkan Klub Basket Putri Profesional

Jadi Tuan Rumah Play Off Srikandi Cup 2019

TANDATANGAN: Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan dan Alumni UII, Dr Drs Rohidin, S.H., M.Ag menandatangani surat surat MoU penunjukkan tuan rumah Play Off Srikandi Cup 2019 di Sleman, Selasa (12/3). (suaramerdeka.com / Gading Persada)
TANDATANGAN: Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan dan Alumni UII, Dr Drs Rohidin, S.H., M.Ag menandatangani surat surat MoU penunjukkan tuan rumah Play Off Srikandi Cup 2019 di Sleman, Selasa (12/3). (suaramerdeka.com / Gading Persada)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta tak menutup mata terhadap perkembangan olahraga, khususnya bola basket. Bahkan perguruan tinggi swasta ini merancang sebuah klub basket putri profesional yang nantinya akan tampil pada kompetisi basket nasional.

"Sebenarnya (melahirkan klub basket putri profesional) sudah bukan hanya cita cita saja, tapi juga sudah komitmen kami dan upaya ke arah sana juga sudah ada," papar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan dan Alumni UII, Dr Drs Rohidin, S.H., M.Ag usai penandatangan MoU sebagai tuan rumah play off Srikandi Cup 2019 di Sleman, Selasa (12/3). 

Rohidin menjelaskan salah satu upaya tersebut adanya pemberian beasiswa bagi para atlet basket meskipun diakuinya juga bahwa beasiswa yang diberikan belum penuh 100 persen. "Kami juga perlu meningkatkan kualitas tim basket putri karena masih harus diakui masih adanya kejomplangan dengan tim basket putra," ungkapnya.

Diakuinya, dengan ditunjuknya GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo UII Jogja sebagai venue babak play off Srikandi Cup 2019, 22-27 April mendatang secara tidak langsung jug mendorong segera direalisasikannya rencana pembentukan klub basket profesional putri itu. "Alhamdulilah hari ini kami bisa menandatangani nota kesepahaman tuan rumah Play Off 2019. Bagi kami ini momen penting dan sejarah dimana ada turnamen klub basket profesional yang tempatnya salah satunya di UII," papar dia.

Kampus UII ini tak hanya sebagai tempat gelaran Playoff Srikandi Cup namun sekaligus menjadi penentuan siapa yang bakal menjadi juara baru pasca absennya juara bertahan, Surabaya Fever serta Merah Putih Samator Jakarta. Adapun ketujuh tim yang bakal bersaing di babak playoff diantaranya Tanago Jakarta, Scorpio Jakarta, GMC Cirebon, Sahabat Semarang, Merpati Bali, Flying Wheel Makassar, dan Tenaga Baru Pontianak.

Koordinator Srikandi Cup, Deddy Setiawan, menambahkan, kesempatan bekerjasama dengan UII dalam hal ini sebagai tuan rumah babak playoff merupakan salah satu hal yang monumental dalam perjalanan Srikandi Cup sebagai kompetisi basket putri tertinggi di Indonesia. Terlebih, menurut Dedy dukungan dari UII ini merupakan suatu hal yang positif dan secara aktif membantu perkembangan olahraga nasional, khususnya bola basket putri di Indonesia.

"Bermain di Yogyakarta, kota dengan rekor penonton basket tertinggi di Indonesia dan menggunakan fasilitas kampus UII yang sangat baik tentu menjadikan playoff Srikandi Cup 2019 amat sangat dinanti, baik oleh seluruh peserta Srikandi Cup maupun masyarakat olahraga Indonesia," terang Deddy.


(Gading Persada /CN26/SM Network)