• KANAL BERITA

Panjat Tebing Solo Buru Medali Kejuaraan di Udinus

BERLATIH: Sejumlah pemanjat Solo berlatih bersama di venue terbuka kompleks Stadion Manahan. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)
BERLATIH: Sejumlah pemanjat Solo berlatih bersama di venue terbuka kompleks Stadion Manahan. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka.com - Sejumlah atlet Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Solo bersiap memburu medali pada kejuaraan terbuka panjat tebing di Semarang, awal April mendatang. Mereka bertekad mampu bersaing dengan pemanjat-pemanjat lain pada ajang di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang dibuka untuk umum tersebut.

‘’Saya dan beberapa teman pemanjat yang lebih yunior rencananya turut bersaing pada kejuaraan di Udinus nanti. Tentu kami akan berusaha tampil maksimal untuk mendapat hasil terbaik,’’ kata salah seorang atlet muda panjat tebing Solo, Lukman Perdana, Jumat (8/3).

Sekretaris Pengkot FPTI setempat Yasin Tanaka menambahkan, sejumlah atlet muda saat ini terus mengasah kemampuannya. Mereka berusaha meningkatkan performa diri pada beberapa nomor yang akan digelar, seperti lead dan speed klasik. Meski demikian, dia belum memastikan berapa jumlah pemanjat Kota Bengawan yang bakal turut meramaikan persaingan di Kota Lumpia mendatang.

Dapatkan perlengkapan panjat tebing dengan harga termurah

Sebab cuaca yang masih sering turun hujan di Kota Bengawan, pada beberapa bulan terakhir membuat jadwal latihan bersama di Solo Sport Climbing Center kompleks Stadion Manahan, tidak bisa berjalan secara efektif. Sejumlah atlet tetap berlatih pada papan boulder indoor yang dibuat di sekretariat sementara FPTI Solo, sedangkan beberapa lainnya belum bergabung latihan.

‘’Saat mendekati kejuaraan, nanti akan kami pastikan. Yang terpenting, mereka hingga kini tetap terus berlatih sehingga diharapkan benar-benar siap saat berkompetisi,’’ tutur lelaki yang juga menyumbang medali emas bagi kontingen Solo pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng XV/2018 itu.

Di saat tidak turun hujan seperti Kamis siang, sebagian atlet tersebut berlatih di venue terbuka kompleks Manahan. Sejumlah atlet senior seperti M Marsudin dan Yasin turut bergabung dengan para yuniornya. Beberapa mahasiswa pemanjat dari Ikatan Seni Indonesia (ISI) Surakarta pun ikut berlatih.

‘’Performa memang harus terus dijaga, sehingga tidak benar-benar drop jika menjelang persiapan kejuaraan,’’ tambah pelatih FPTI Solo, Guntur Joko Purwanto


(Setyo Wiyono/CN26/SM Network)