• KANAL BERITA

Empat Pembalap Road Race Solo Raya Masuk Daftar

Persiapan Hadapi Pra-PON

PACU MOTOR: Pembalap Solo Agus ‘’Iwan’’ Setiawan memacu motornya dalam latihan di sirkuit Manahan, beberapa waktu lalu. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)
PACU MOTOR: Pembalap Solo Agus ‘’Iwan’’ Setiawan memacu motornya dalam latihan di sirkuit Manahan, beberapa waktu lalu. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka.com - Empat pembalap motor road race dari Solo Raya masuk daftar atlet yang diundang dalam persiapan tim Jateng guna menghadapi Pra-PON 2020. Mereka adalah pembalap Solo Agus ‘’Iwan’’ Setiawan, atlet Klaten Ervantona, atlet Boyolali Wahyu Nugroho dan pembalap Sukoharjo Arya Aditya Hariawan.

Mereka bersama tujuh pembalap lain dari berbagai daerah dikumpulkan dalam pertemuan di Graha Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jateng di Semarang, Rabu (20/2). Hal tersebut tertuang pada undangan yang diteken Ketua Pengprov IMI Kadarusman.

‘’Pada undangan itu disebutkan, keperluan rapat persiapan cabang olahraga menghadapi Pra-PON dan PON XX/2020 Papua. Jadi kemungkinan besar berkait pembentukan rancangan tim Jateng,’’ kata Ketua Pengkot Federasi Olahraga Balap Motor (FOBM) Solo, Lilik Kusnandar, Selasa (19/2).

Menurutnya, para pembalap tersebut memang memiliki kemampuan mumpuni dalam memacu motor di lintasan balap. Meski demikian, belum tentu semua dari sebelas atlet yang diundang tersebut masuk dalam tim inti. Sebab kuota balap motor pada Pra-PON dan PON mendatang, bakal dibatasi.

Dapatkan perlengkapan otomotif dengan harga termurah

Berdasarkan informasi yang diperoleh Lilik, balap motor road race hanya akan menggelar dua nomor pada pesta olahraga terbesar di Tanah Air nanti, yakni perorangan dan beregu. Selain road race, disiplin lain dalam ajang adu kebut tersebut adalah motocross dan grasstrack. ‘’Dengan demikian, Iwan pun harus menunjukkan kemampuan terbaiknya jika nanti digelar seleksi untuk menentukan atlet inti. Sebab, persaingan di nomor road race sangat ketat,’’ ungkapnya.

Para pembalap lain yang diundang dalam pertemuan itu tidak bisa dianggap enteng dalam torehan-torehan prestasinya di berbagai kejuaraan. Lilik menyebut, pesaing terberat Iwan terutama pembalap asal Semarang M Erfin Firmansyah dan atlet Kudus, Galang. ‘’Dua pembalap itu, Erfin dan Galang mempunyai catatan hasil prestasi yang bagus di berbagai ajang, akhir-akhir ini. Jadi Iwan harus perjuangan keras untuk menghadapinya persaingan nanti,’’ tandas Lilik.

Selama ini, para pembalap asal Solo dan sekitarnya berlatih bersama di sirkuit Manahan. Tetapi sejak sirkuit itu ditutup untuk pelaksanaan proyek renovasi Stadion Manahan, tahun lalu, maka latihan bergeser ke sirkuit gokart di kawasan Teras, Boyolali.


(Setyo Wiyono/CN26/SM Network)