• KANAL BERITA

Pebulutangkis Perancis Idolakan Hariyanto Arbi

Djarum Superliga Badminton 2019

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

BANDUNG, suaramerdeka.com - Main pertama di Superliga membuat pemain asal Perancis, Brice Leverdez sangat berkesan. Pasalnya atlet yang kini menempati peringkat 26 dunia mempunya kesan mendalam tentang Indonesia. Ia menceritakan saat masih remaja dan mulai menekuni bulu tangkis, dia mengidolakan pemain Indonesia, Hariyanto Arbi.

"Ketika saya mulai bermain bulu tangkis, banyak orang membicarakan Hariyanto Arbi. Saya mulai mengikuti aksinya dan mengidolakannya. Saya suka cara dia bermain dan kagum dengan hasil-hasil yang dia capai. Saya sampai punya poster Haryanto Arbi di kamar saya," kata Leverdez.

Pekan ini, Leverdez berada di Bandung. Ia memperkuat Berkat Abadi yang berpartisipasi pada Djarum Superliga Badminton 2019 di Gedung Sabuga ITB, Bandung yang berlangsung pada 18-24 Februari. "Ini adalah Superliga pertama saya. Saya senang sekali bermain di sini, karena Indonesia merupakan salah satu negara kuat bulu tangkis," imbuhnya.

Pada usia 12 tahun, ia mulai berlatih bulu tangkis, ketika sedang berlibur. Karena suka, dia makin giat berlatih dan akhirnya bergabung dengan salah satu klub kecil di Prancis. Meskipun rutin berlatih, Leverdez baru menetapkan pilihan untuk menggeluti bulu tangkis secara serius sebagai pilihan hidup ketika berusia 20 tahun.

Dapatkan perlengkapan bulutangkis dengan harga termurah

Salah satu tantangan berat yang harus dihadapi Leverdez ketika memilih bulu tangkis adalah sulitnya mendapatkan sparing partner yang sepadan dan tempat latihan memadai.

"Di Perancis tidak ada hall bulu tangkis yang memadai. Kami harus berbagi dengan lapangan handball atau bola basket. Meskipun sekarang bulu tangkis sudah semakin dikenal di Prancis, tetap saja sulit untuk mencari lapangan memadai dan pemain bagus sebagai sparing partner. Karena itulah saya sering ke Indonesia karena di sini banyak pemain dan lapangan yang bagus," jelasnya.

Olimpiade Tokyo 2020 merupakan target utama Leverdez saat ini. Tahun lalu, dia sempat masuk 20 besar dunia dengan berada di ranking ke-19. Tahun ini, dia menargetkan masuk 15 besar dunia. Selanjutnya, dia mengincar posisi lebih baik pada 2020 untuk memastikan diri lolos ke Tokyo. Jika lolos kualifikasi ke Tokyo, ini akan menjadi pengalaman ketiga Leverdez ikut Olimpiade setelah London 2012 dan Rio 2016.


(Prajtna Lydiasari/CN26/SM Network)

Loading...
Komentar