• KANAL BERITA

Kejurprov Panahan Diusulkan di Klaten

Bakal Dibahas pada Rakerda NPC

Dua atlet tunanetra dipandu guider beradu kecepatan di lintasan atletik pada Peparprov Jateng di Stadion Sriwedari, beberapa waktu lalu. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)
Dua atlet tunanetra dipandu guider beradu kecepatan di lintasan atletik pada Peparprov Jateng di Stadion Sriwedari, beberapa waktu lalu. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka.com - Pengembangan olahraga disabilitas unggulan di daerah-daerah bakal menjadi salah satu pokok bahasan dalam rapat kerja daerah (rakerda) National Paralympic Committee (NPC) Jateng. Beberapa langkah rencananya dibicarakan pada forum yang akan diselenggarakan di Solo itu, pekan depan.

‘’Salah satu contoh, Klaten selama ini memiliki potensi besar di cabang panahan. Maka sangat mungkin kejurprov panahan pada Agustus mendatang, diselenggarakan di Klaten,’’ kata Sekretaris NPC Jateng Priyano di sekretariat kompleks Stadion Manahan Solo, Senin (18/2).

Pihaknya akan membantu pelaksanaan kejurprov tersebut. Harapannya, potensi atlet-atlet panahan di Klaten semakin berkembang, sehingga regenerasi ke depan dapat terus berjalan. Bibit-bibit baru nanti bakal dapat memperkuat tim NPC Jateng di arena Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas), bahkan membela tim NPC Indonesia di ajang internasional seperti ASEAN Para Games dan Asian Para Games.

‘’NPC di kota/kabupaten lain, ke depan juga diharapkan memiliki cabang-cabang unggulan sesuai potensi atlet di daerahnya,’’ jelas Priyano.

Dia menambahkan, rakerda yang antara lain dihadiri ketua-ketua NPC daerah dan jajaran dinas yang mengampu urusan olahraga di tingkat kota/kabupaten se-Jateng tersebut akan membahas berbagai hal. Selain potensi cabang unggulan, juga akan disampaikan kebijakan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah terhadap pengembangan olahraga disabilitas.

‘’Forum itu juga akan membahas tentang kejuaraan-kejuaraan provinsi (kejurprov) cabang-cabang olahraga yang disiapkan untuk menghadapi Peparnas 2020,’’ tutur Priyano.

Sementara ini terdapat 11 cabang yang disiapkan NPC Jateng untuk menghadapi Peparnas 2020. Tercatat 174 atlet masuk dalam daftar pelatihan jangka panjang (PJP) sebagai rangkaian awalnya. Mereka tersebar di cabang-cabang perorangan seperti atletik, renang, bulutangkis, tenis meja, panahan, angkat berat, catur, ten pin bowling. Selain itu juga di cabang beregu yakni goal ball, voli duduk dan sepak bola celebral palsy (CP).

‘’Paling tidak pada Agustus mendatang digelar kejurprov pada delapan cabang perorangan tersebut. Sedangkan untuk cabang beregu, nanti dibicarakan lebih mendalam pada rakerda,’’ tutur Priyano


(Setyo Wiyono/CN26/SM Network)