• KANAL BERITA

Pemain Piala Fed Akan Dipertahankan untuk SEA Games 2019

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ketua Umum PP Pelti Rildo Ananda Anwar mengapresiasi tim Piala Fed Indonesia yang mampu bertahan di Grup  I Zona Asia Oseania. Keberhasilan Aldila Sutjiadi dan kawan-kawan diraih usai mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 pada laga relegation playoff di Astana, Kazakhstan, beberapa hari lalu.

"Kami mengapresiasi keberhasilan yang sudah ditorehkan para atlet kita di Asia Oseania ini. Selama ini posisi tim Fed Cup selalu pasang surut. Namun, kali mereka stabil di Grup I. Ini tentu akan menjadi modal kita untuk menuju ajang SEA Games 2019 yang akan digelar di Filipina," kata Rildo di Jakarta, Senin (11/2).

Tim tenis putri Indonesia harus menghadapi Thailand karena menempati urutan ketiga pool B Piala Fed, 6-9 Februari lalu. Beatrice Gumulya dan kawan-kawan hanya mampu menang sekali lawan Pasifik Oseania (3-0), lalu kalah dari China (0-3) dan Korea Selatan (0-3). Adapun saat menghadapi Thailand, kemenangan Merah Putih diperoleh Aldila Sutjiadi di tunggal dan ganda Jessy Rompies/Aldila Sutjiadi. Sedangkan poin hilang dari Beatrice Gumulya.

Menurut Rildo, para petenis Piala Fed akan dipertahankan dalam pemusatan latihan nasional (Pelatnas) untuk diproyeksikan SEA Games 2019 Filipina. Mereka adalah Jessy Rompies, Aldila Sutjiadi, Beatrice Gumulya dan Deria Nur Haliza. Selain itu, PP Pelti juga sedang mencari amunisi baru dari petenis yunior untuk melapisi pemain yang saat ini sudah ada. "Nanti juga akan kami akomodir dari tim yunior. Kami akan melakukan seleksi di yunior," terangnya.

Sementara itu, Aldila Sutjiadi mengaku mendapatkan pengalaman berharga  saat tampil di Piala Fed 2019. Sebab, mereka bertemu dengan lawan-lawan yang peringkatnya jauh lebih baik, utamanya petenis China dan Korea Selatan. Menurut dia, pengalaman tersebut bisa menaikkan kepercayaan diri saat bertanding di turnamen internasional lain.

"Hasil ini kami jadikan sebuah pengalaman, baik untuk tim maupun individu. Kami memang menghadapi banyak sekali lawan-lawan yang sangat berpengalaman," ujar Aldila.


(Arif M Iqbal /CN26/SM Network)