• KANAL BERITA

Pesilat LKSA Panti Asuhan Putera Muhammadiyah Tuntang Sabet Lima Medali Se-Asia dan Eropa

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

TUNTANG, suaramerdeka.com - Lima pesilat Tapak Suci LKSA Panti Asuhan Putera Muhammadiyah Tuntang berhasil membawa pulang gelar juara dalam kejuaraan pencak silat Paku Bumi Terbuka VI 2019  antar Pelajar SD, SMP, SMA, dan Dewasa Tingkat Asia dan Eropa yang diselenggarakan di GOR Tri Lomba Juang, Bandung, Jawa Barat pada awal Februari 2019.     

Pada kejuaran ini, Ady Maulana memperoleh medali emas tanding SD Kelas F Putra, M Chamaluddin, medali emas tanding SMA Kelas C putra, M Arifin,  medali emas Tanding SMA Kelas E Putra, Aditya Saputra, medali emas Tanding SD Kelas D Putra, dan satu medali perak Tanding SMP kelas G Putra oleh Rahul Ajid.

"Kami memang anak panti, tapi kami dididik memiliki mental juara. Dalam sepekan kami latihan rutin 2 kali di sela padatnya jadwal belajar kami," kata Arifin kala ditanya perasaannya setelah menyabet medali emas.

Dalam wawancara yang dilakukan pengurus panti yang mendampingi pesilat Tapak Suci LKSA Putera Muhammadiyah Tuntang menyampaikan pencak silat merupakan seni beladiri tradisional yang memiliki berbagai ketentuan, keselarasan, keseimbangan, keserasian antara wirama, wirasa, dan wiraga. "Untuk itu kami selalu membina kualitas dan keterampilan anak-anak kami di panti melalui pencak silat."

Lebih lanjut dikatakan bahwa agar ke depan bangsa Indonesia tetap melestarikan pencak silat sebagai kebudayaan Indonesia dengan motto "Save Our Culture". Selain itu beliau juga mengharapkan agar pesilat Indonesia ke depan terus berjaya di Kejuaraan-kejuaraan Internasional.

 


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)