• KANAL BERITA

Merpati Putih Open 2019 Perebutkan Piala Bergilir Panglima TNI

KONFERENSI PERS: Ketua Umum Panitia MP Open 2019, Abdul Kharis Almasyhari pada konferensi pers di Padepokan Pencak Silat TMII. (suaramerdeka.com / Hartono Harimurti)
KONFERENSI PERS: Ketua Umum Panitia MP Open 2019, Abdul Kharis Almasyhari pada konferensi pers di Padepokan Pencak Silat TMII. (suaramerdeka.com / Hartono Harimurti)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong (Betako) Merpati Putih akan menggelar Kejuaraan Pencak Silat Merpati Putih Open (MP Open 2019). Acara yang akan digelar pada 28 Februari hingga 2 Maret 2019 di GOR  Ciracas, Jakarta Timur tersebut memperebutkan Piala Bergilir Panglima TNI. Juga Piala Tetap KSAD, KSAL dan KSAU.

Menurut Ketua Umum Panitia MP Open 2019 Dr H Abdul Kharis Almasyhari, MM Ak, penyelenggara event akbar ini adalah PPS Betako Merpati Putih Pengurus Daerah Jawa Barat bekerjasama dengan Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) dan Korps Lembaga Wasit Juri DKI Jakarta. Menurut Kharis dalam event tersebut juga akan dilakukan Pencatatan Rekor MURI.

"Bentuk kegiatan MP Open 2019 adalah Kejuaraan Pencak Silat Nasional dengan sistem pertandingan prestasi dan permasalan. Selain itu juga diadakan Pencatatan Rekor MURI untuk peragaan Jurus Tunggal  Tangan Kosong yang diikuti 2000 pesilat. Yang juga suatu yang baru adalah Seminar Parenting dengan tema Pendidikan Anak melalui olahraga akan membentuk manusia Indonesia yang berkarakter dan berbudi luhur," kata Kharis dalam konferensi pers di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Kamis (17/1) sore.

Dapatkan peralatan olahraga dengan harga termurah

Tujuan dari perhelatan akbar ini adalah untuk melestarikan Pencak Silat sebagai budaya bangsa, mempererat silaturahmi perguruan dan pesilat, serta menjaring pesilat potensial dan berprestasi untuk bisa mewakili Indonesia di pertandingan skala Internasional. Menurut dia, event ini akan diikuti 1500 peserta dari berbagai Perguruan Pencak Silat di Indonesia dan juga peserta dari Luar Negeri.

"Pesilat dari Jepang, Korea, Thailand serta Arab Saudi sudah menyatakan akan ikut. Malaysia dan Singapura pasti langganan untuk ikut.  Mungkin dua minggu menjelang hari H baru mulai ketahuan dari negara mana saja yang akan ikut serta. Untuk yang dari Merpati Putih,  panitia sudah sepakat membatasi hanya 25 persen dari jumlah peserta keseluruhannya 1500 orang," jelas Kharis yang Ketua Komisi I DPR RI tersebut.

Menurut Ketua Panitia MP Open 2019 Yuwono Darpito Hudoyo, event tersebut adalah event pertandingan yang pertama kalinya digelar oleh Perguruan Merpati Putih.

"Dan juga ini event pertama kalinya sebuah pertandingan Pencak Silat memadukan tiga unsur yaitu kompetisi, edukasi dan entertaintment," kata Yuwono yang juga Ketua Pengurus Daerah Merpati Putih Jawa Barat tersebut.


(Hartono Harimurti/CN26/SM Network)

Loading...
Komentar