• KANAL BERITA

Solo Siapkan 20 Atlet Anggar ke Kudus

Jelang Kejurprov Antarpelajar

ASAH PERFORMA: Sejumlah atlet anggar Solo mengasah performa penggunaan senjata di klub UTP Surakarta kawasan Cengklik, beberapa waktu lalu. (suaramerdeka.com/Setyo Wiyono)
ASAH PERFORMA: Sejumlah atlet anggar Solo mengasah performa penggunaan senjata di klub UTP Surakarta kawasan Cengklik, beberapa waktu lalu. (suaramerdeka.com/Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka.com - Dua puluh fencer atau atlet anggar disiapkan untuk memperkuat tim Solo dalam Kejurprov Anggar Antarpelajar yang akan diselenggarakan di Kudus, Maret mendatang. Mereka terbagi dalam beberapa level, yakni SD, SMP dan SMA.

‘’Seluruh atlet pelajar yang ada bakal kami turunkan. Untuk tingkat SD ada enam atlet, SMP sembilan atlet dan SMA lima atlet,’’ kata Kabid Pembinaan Prestasi (Binpres) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Solo, Hendra Faradilah, Senin (14/1).

Di antara para fencer tersebut, terdapat lima siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Surakarta. Sementara 15 lainnya merupakan atlet-atlet binaan Pengkot Ikasi setempat. Setiap Senin hingga Jumat sore, mereka menjalani latihan rutin di klub anggar Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta yang bermarkas di kampus kawasan Cengklik.

‘’Ada atau tidak ada kejuaraan, biasanya memang anak-anak tersebut menjalani latihan rutin. Jadi sewaktu-waktu dibutuhkan untuk bertarung di sebuah event, mereka tetap siap,’’ tambah dia.

Targetkan Juara Umum

Tim Kota Bengawan ditargetkan meraih gelar juara umum pada kejuaraan tersebut. Sejumlah fencer menjadi andalannya. Dua medali emas diburu dari pertarungan di tingkat SD. Atlet yang diandalkan antara lain Sandy Dafa Faradilah pada nomor floret putra dan Maira F (floret putri).

Fencer andalan di tingkat SMP di antaranya Putri Faradilah (floret putri) dan Kusuma Jasmine Supraba (degen putri). Sementara itu pada tingkat SMA, atlet-atlet yang menjadi andalan antara lain Hasyim Ashdham (floret putra) dan Ichwan Zulkarnain (sabel putra).

‘’Pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng XV/2018, sebagian di antara para atlet tersebut berhasil meraih medali. Karena itu, mereka menjadi andalan bagi tim Solo pada kejurprov antarpelajar mendatang,’’ tutur Hendra.

Kendati demikian, butuh ketekunan dan latihan keras bagi para atlet untuk mewujudkan target tersebut. Sebab, persaingan diprediksi berlangsung cukup ketat. ‘’Berdasarkan prediksi kami, tim terberat yang akan menjadi pesaing terutama tuan rumah Kudus,’’ ujar dia.


(Setyo Wiyono/CN39/SM Network)