• KANAL BERITA

Gelaran Proliga Bakal Singgah di Solo

Penutup Putaran II Akhir Januari

BERTARUNG: Dua tim putri bertarung pada kejuaraan bola voli Proliga 2018 di GOR Sritex Arena, tahun lalu. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)
BERTARUNG: Dua tim putri bertarung pada kejuaraan bola voli Proliga 2018 di GOR Sritex Arena, tahun lalu. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka.com - Gelaran kejuaraan bola voli nasional Proliga 2019 bakal singgah di Solo. Berdasarkan skedul yang telah disusun panitia, ajang voli yang diklaim paling bergengsi di Tanah Air tersebut digelar di GOR Sritex Arena pada 25-27 Januari mendatang. ‘’Pertandingan seri 3 putaran II akan dilaksanakan di Solo. Pertandingan di putaran itu menjadi penentu tim-tim yang akan berlaga di fase final four,’’ kata humas Proliga, Lutfi Sukri, Selasa (8/1).

Dia menambahkan, Kota Bengawan memang tidak memiliki tim yang bermain di Proliga. Namun animo besar penontonnya membuat kota tersebut, selama ini hampir tidak pernah ditinggalkan dalam penyelenggaraan event rutin tahunan itu. ‘’Awalnya, kami menjadwalkan Solo untuk tempat penyelenggaraan final four. Namun karena tim Jakarta BNI 46 meminta kota itu sebagai tempat tuan rumah, maka final four kemudian dialihkan ke Kediri dan Malang,’’ ungkap dia.

Secara keseluruhan terdapat sebelas tim yang bertanding di arena Proliga. Rinciannya, enam tim putra dan lima tim putri. Dua pebola voli asal klub amatir Vita Solo turut bertarung dalam gelaran tersebut. Toser gaek Aji Maulana digaet tim Jakarta BNI 46 sebagai pengatur serangan skuad itu. Sementara quicker Shindy Sasgia Dwi Yuniar direkrut tim Jakarta Elektrik PLN.

‘’Pada akhir tahun lalu, juara putaran pertama ditempati tim Jakarta Pertamina Energi. Sedangkan di kelompok putri, juaranya Popsivo Polwan. Tetapi posisi itu memungkinkan berubah, karena perjalanan masih cukup panjang hingga final di Yogyakarta pada 22-23 Februari nanti,’’ tutur Lutfi.

Putaran II Proliga mulai digelar Januari ini. Sebelum diselenggarakan di Solo, pertandingan seri 1 putaran II akan digelar di Palembang pada 11-13 Januari. Sementara laga seri 2 putaran II rencananya dilaksanakan di Pekan Baru, 18-19 Januari mendatang. ‘’Penentunya pada seri 3 di Solo nanti. Karena itu, persaingan perebutan empat tim terbaik di kota tersebut akhir Januari mendatang, dipastikan bakal ketat,’’ tambah dia


(Setyo Wiyono/CN26/SM Network)