• KANAL BERITA

Tinju Solo Bertekad Kembali Bangkit

Pengurus Antarwaktu Pertina Dikukuhkan

DIKUKUHKAN: Pengurus antarwaktu Pengkot Pertina Solo 2017-2021 dikukuhkan di rumah dinas Wali Kota Surakarta, Loji Gandrung. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)
DIKUKUHKAN: Pengurus antarwaktu Pengkot Pertina Solo 2017-2021 dikukuhkan di rumah dinas Wali Kota Surakarta, Loji Gandrung. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka.com - Terus terpuruk sejak 10 tahun terakhir, kancah tinju Solo bertekad bangkit. Tekad itu digelorakan kepengurusan baru antarwaktu Pengkot Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Surakarta yang dikukuhkan di rumah dinas Wali Kota, Loji Gandrung, Jumat (6/1) malam.

Ketua Umum baru pengkot Hasta Gunawan menyatakan rencananya meningkatkan pembinaan dan pencarian bibit-bibit baru melalui pengembangan sasana-sasana tinju di Kota Bengawan. ‘’Kami akan berusaha menambah sasana, serta memulai pembinaan sejak dini. Tak hanya mulai SMA, tetapi juga pelajar dari tingkat SMP dan SD. Mudah-mudahan sisa periode 2017-2021, bisa mencetak petinju-petinju berprestasi,’’ kata dia, Minggu (6/1).

Pria yang juga Kepala Dinas Pariwisata Surakarta itu didukung Wakil Ketua Umum Rheo Yuliana Fernandes, Ketua Harian Th Wahyu Winarto dan Wakil Ketua Harian Henoch Sadono, Sekretaris Aswin Hendra Kusuma, serta Bendaraha Pramana Agung Nugraha.

Ketua Harian Pengprov Jateng Soejatmiko mengukuhkannya pada acara yang dihadiri Wakil Wali Kota (Wawali) Achmad Purnomo, Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Ali Akhwan dan Ketua Umum KONI Surakarta Gatot Sugihartono itu. Kepengurusan antarwaktu disusun, karena sejumlah personel dalam kepengurusan lama yang dikomandani Heru Buwono tidak aktif.

Klik di sini untuk mendapatkan peralatan olahraga dengan harga terbaik

Ketua Umum KONI Gatot Sugihartono mengungkapkan, tinju merupakan salah satu cabang unggulan Solo pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2009 dengan raihan enam medali emas. Pada multievent serupa di Banyumas 2013 pencapaiannya menurun menjadi tiga emas, hingga sama sekali tidak mendapatkan medali emas pada Porprov 2018.

‘’Maka kepengurusan baru ini diharapkan mampu membangkitkan lagi masa kejayaan tinju Solo. Tapi kami juga masih bangga, karena petinju senior Willis Boy Riripoy tetapi bisa meraih emas kejurnas tahun lalu,’’ tutur Gatot.

Wawali Achmad Purnomo berharap, kepengurusan Hasta juga bisa menjalin kerja sama dengan pihak-pihak ketiga dalam pengembangan tinju. ‘’Kalau tidak salah sekitar enam tahun lalu banyak kejuaraan di Solo, salah satunya pengusaha almarhum Pak Priyo Hadisusanto (pimpinan PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk-red) bersedia memberi dukungan sponsor. Barangkali nanti Pak Hasta bisa kembali menerapkan kerja sama itu demi menggelar kejuaraan-kejuaraan tinju di Solo,’’ tuturnya.


(Setyo Wiyono/CN26/SM Network)