• KANAL BERITA

Tiga Kontingen Juarai Piala Suara Merdeka

SM Championship 2019 Dirancang

JUARA UMUM SMP: Peringkat tiga besar kategori SMP Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Pelajar Se-Kota Semarang ''Piala Suara Merdeka'' berfoto bersama Wakil Direktur Operasional Suara Merdeka, Yoyok Gumulya (kiri) dan Ketua Panitia Kejuaraan sekaligus Dewan Pembina IPSI Kota Semarang, Adri Iman Patria (kanan) di GOR Universitas Semarang. (suaramerdeka.com / M Alfi Makhsun)
JUARA UMUM SMP: Peringkat tiga besar kategori SMP Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Pelajar Se-Kota Semarang ''Piala Suara Merdeka'' berfoto bersama Wakil Direktur Operasional Suara Merdeka, Yoyok Gumulya (kiri) dan Ketua Panitia Kejuaraan sekaligus Dewan Pembina IPSI Kota Semarang, Adri Iman Patria (kanan) di GOR Universitas Semarang. (suaramerdeka.com / M Alfi Makhsun)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tiga kontingen pencak silat berhasil memastikan menjadi juara umum di masing-masing tiga katagori yang ada dalam Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Se-Kota Semarang, Piala Suara Merdeka di GOR Universitas Semarang, Sabtu (29/12) kemarin.

Para jawara ini yakni kontingen SD Tambak Aji 05 Semarang yang berhasil meraih juara umum katagori Sekolah Dasar (SD) dengan raihan 12 medali emas, tiga perak, dan enam perunggu. Mereka menggungguli SD Tinjomoyo 01 di peringkat kedua (delapan emas, tujuh perak, sepuluh perunggu) dan PSHT Ragamu di posisi ketiga (tujuh emas, tujuh perak, enam perunggu).

Kemudian kontingen SMP 10 Semarang yang menyabet gelar juara umum katagori Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan torehan tujuh medali emas, lima perak, delapan perunggu. Skuad SMP 10 mengalahkan SMP Jatisari Semarang yang menyabet  runner up  (tiga emas, satu perak, dua perunggu) dan SMP IT Insan Cendikia di peringkat ketiga (tiga emas, sembilan perunggu)

Lalu, Perisai Diri Kota Semarang menjadi yang terbaik di katagori Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan memborong lima medali emas, tiga perak, dan satu perunggu. Perguruan pencak silat ini mengungguli SMA 3 Pati di posisi kedua (empat emas, tiga perak, dua perunggu) serta Pesilat Jokam di posisi ketiga (tiga emas, satu perak).

''Kami bersyukur kejuaraan Piala Suara Merdeka ini berjalan secara baik dan lancar. Tidak ada masalah pada atlet baik cedera atau hal lain. Kami sangat mengapresiasi antusiasme peserta dan kerjakeras panitia selama kejuaraan ini berlangsung,'' kata Ketua Panitia Kejuaraan sekaligus Dewan Pembina Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kota Semarang, Adri Iman Patria kemarin.

Total peserta dalam kejuaraan ini ada 694 pelajar. Adapun total medali emas yang diperebutkan ada 175 emas yang terdiri dari 75 emas di katagori SD, 50 emas di katagori SMP, dan 50 emas di katagori SMA.

''Hasil dari event  ini akan menjadi bank data bagi IPSI Kota Semarang agar nantinya bisa membanggakan nama kota di ajang daerah maupun nasional. Sebab saat ini pencak silat memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa. Satu diantaranya pada Asian Games 2018 kemarin. Kami, IPSI Kota Semarang juga ingin menghasilkan pesilat muda yang baik,'' lanjut Adri.

Klik di sini untuk dapatkan peralatan olahraga terbaik

Selanjutnya, pihaknya akan menggandeng Suara Merdeka untuk menggelar Festival Pencak Silat pada Februari 2019 dan Suara Merdeka Championship pada April 2019. Dua  event  ini dirancang dengan konsep yang lebih besar. 

Adri mengungkapkan, khusus Suara Merdeka Championship akan diikuti pelajar, mahasiswa, dewasa se-Jawa dan Bali. Adapun Festival Pencak Silat digelar untuk mempertontonkan jurus-jurus silat tanpa ada kelas tarung.

''Kami menggandeng Suara Merdeka karena ini ikon kebanggaan Kota Semarang. Adanya harian ini menjadi gereget dan motivasi anak anak untuk bertanding. Suara Merdeka punya magnet yang kuat dan kami bersinergi. Sebab Suara Merdkea membantu kami mempromosikan pencak silat yang jadi bela diri yang juga budaya di Indonesia,'' tandas Adri.

Sambutan baik diberikan Wakil Direktur Operasional Suara Merdeka, Yoyok Gumulya terkait rencana di tahun depan itu. Pihaknya siap mendukung kegiatan positif untuk melahirkan atlet berprestasi di Kota Semarang dan Jateng.

''Angka 694 peserta di Piala Suara Merdeka ini tidak sedikit. Kami berterimakasih kepada komunitas penggemar silat, USM, dan IPSI Kota Semarang atas suksesnya acara ini. Kami harap, rencana di 2019 bisa terlaksana dan atlet-atlet terus berlatih untuk menjadi yang terbaik,'' kata Yoyok Gumulya.


(M Alfi Makhsun/CN26/SM Network)