• KANAL BERITA

Solo Bakal Kembali Buru Juara Umum Peparprov

Waspadai Tiga Daerah

ANDALAN: Pebulutangkis Fredy Setiawan menjadi salah satu andalan kontingen NPC Solo dalam Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Jateng II/2018. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)
ANDALAN: Pebulutangkis Fredy Setiawan menjadi salah satu andalan kontingen NPC Solo dalam Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Jateng II/2018. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka.com - Kontingen National Paralympic Committee (NPC) Solo bertekad kembali memburu gelar juara umum pada Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Jateng III/2018. Tim tuan rumah tersebut bakal berusaha menjadi pengumpul emas terbanyak, kendati mewaspadai persaingan dengan daerah-daerah lain pada pesta olahraga difabel Jateng yang akan digelar di Kota Bengawan, 13-16 November nanti.

‘’Persaingan akan sangat ketat, terutama menghadapi tim-tim Cilacap, Karanganyar dan Salatiga. Peta kekuatan daerah-daerah peserta kini telah merata. Namun kami tetap berusaha memburu medali emas sebanyak-banyaknya,’’ kata Ketua NPC Solo, Kliwon, Kamis (8/11).

Wakil Ketua NPC Solo Suwarno menambahkan, berdasarkan pengamatannya, kontingen Cilacap akan mendominasi cabang renang. Salatiga memiliki atlet-atlet bagus terutama di cabang atletik, sementara Karanganyar mempunyai atlet yang cukup merata di beberapa cabang olahraga. ‘’Karena itu, kami harus berusaha sebaik-baiknya dalam persaingan nanti. Daerah-daerah lain saat ini tak bisa dianggap ringan,’’ tandasnya.

Tim Kota Bengawan bakal menurunkan 45 atlet, termasuk nonkampus, dengan pendampingan delapan pelatih. Mereka akan bersaing di delapan cabang olahraga. Yakni atletik, renang, bulutangkis, tenis meja, panahan, ten pin bowling, renang dan catur. ‘’Satu-satunya cabang yang tidak kami ikuti adalah goal ball,’’ tutur Suwarno.

Para atlet Solo telah disiapkan sejak sekitar empat bulan lalu. Mereka tidak ditempa berlatih dalam training camp (TC), namun digembleng secara intensif pada cabangnya masing-masing. Lebih-lebih sebagian atlet tuan rumah tersebut merupakan awak timnas Asian Para Games 2018, sehingga kemampuan mereka telah digembleng saat pelatnas.

Dia menyebut beberapa cabang menjadi andalan Solo dalam perburuan emas Peparprov. Di cabang atletik, Suwarno menyebut ada Ramli Rosyidi, Lalilatul Qodar dan Salwa yang diharapkan menjadi juara. Sementara di arena tenis meja terdapat sederet nama seperti Ana Widyasari, Osrita Muslim, Wawan Widyantoro dan Bangun Sugito yang akan berburu emas. ‘’Di cabang renang kami diperkuat Erika dan Fajar Hardiyanto, sedangkan bulutangkis ada Fredy Setiawan dan Agus Budi Utomo,’’ ungkap Suwarno.


(Setyo Wiyono/CN26/SM Network)